Ciri-ciri Bar yang Keren
By • Thursday, 18 August 2016
Tags : / /

Orang-orang datang ke bar bukan hanya untuk mencari bir mereka, melainkan juga menikmati suasana bar dengan pencahayaan minim, musik-musik sendu dan ceria-yang akan mempengaruhi rasa birmu- juga percakapan-percakapan kecil dengan orang-orang yang kamu temui di sana. Kegiatan melepas penat ini memang paling pas dilakukan saat berakhir pekan. Tapi nggak juga kok, beberapa ada yang sering menyempatkan untuk mampir ke bar pada waktu macet- jam-jam super suntuk yang baiknya kita habiskan dengan bersenang-senang saja. Jadi, semisalnya kamu binggung mau happy-hour kemana, silakan lihat di kolom sebelah kanan ya!

Sebelum beranjak ke bar yang biasa kamu kunjungi atau yang baru akan kamu kunjungi, coba perhatikan: apakah bar mu sudah memiliki kualitas yang oke? Sebab bar yang keren bukan hanya bar yang menyuguhkan bir dan musik kesukaanmu tapi juga memiliki hal-hal di bawah ini:

1. Peranti Bir Higienis

craft-beer-bar-inside-2

Kebersihan adalah hal utama yang wajib dimiliki setiap bar. Apabila sebuah bar tidak dapat menjaga kualitas kebersihannya dengan baik, maka jangan harap bir-bir yang kamu minum juga memiliki kualitas rasa yang baik pula. Peranti bir seperti kegerator –tempat mendinginkan bir dengan suhu yang sesuai- dan beer tap wajib dibersihkan secara rutin. Begitu pun gelas-gelasnya. Nggak lucu kan kalau rasa birmu dirusak oleh sisa-sisa sabun yang menempel pada gelas?

2. Menu Ngebir Lengkap

bridge-beer

Semakin banyak pilihan bir yang bisa kamu icip-icip, semakin menyenangkan pula waktu yang kamu habiskan di bar. Kecuali kalau kamu adalah orang yang bersedia mengabdikan hidupmu pada satu merek bir tertentu, maka tidak masalah jika kamu dihadapkan dengan pilihan bir yang itu-itu saja.

3. Banyak Pilihan Gelas

1380050762000-Abita-beer-in-glasses-on-tasting-room-bar

Variasi bentuk gelas cukup mempengaruhi rasa bir kamu dengan menjaga karbonasi dan kesegarannya. Bar yang keren akan menyajikan bir mu di dalam gelas yang sesuai dengan karakter birnya. Misalnya seperti bir pilsner yang memiliki head tebal sebaiknya menggunakan gelas yang agak besar.

4. Temperatur Bir yang Pas

1297093945-beer-cooler

Bar yang keren ialah bar yang menjaga temperatur bir nya dengan baik. Jika bir disimpan pada tempat yang terlalu hangat, maka rasanya akan berubah menjadi flat karena munculnya busa berlebih. Sebaliknya jika disimpan pada tempat yang terlalu dingin malah akan menghilangkan rasa dan aroma aslinya.

5. Bartender Handal dan Keren

Red Star Tavern and Roasthouse in Portland, Oregon on March 21, 2013. (Photo copyright Nader Khouri)

Salah satu keseruan ngebir di bar adalah duduk manis sambil menyesap bir di meja bar lalu menonton aksi bartender meracik minumannya. Lagipula, bartender bisa jadi salah satu orang yang asik diajak ngobrol saat kamu minum. Apalagi kalau si bartender punya pengetahuan tentang bir yang cukup luas. Pasti menjadi nilai plus tersendiri untuk bar yang kamu kunjungi.

6. Tawaran Mencoba Sebelum Membeli

11

Di sini, mungkin hanya ada beberapa bar yang memberikan pelayanan semacam ini. Salah satunya adalah Vin+ , Arcadia Senayan, Jakarta yang menawarkan beer flight gratis berupa craft beer di hari Rabu, Kamis, dan Jumat selama bulan Agustus. Dan lebih seru lagi kalau kamu nggak cuma sekedar icip-icip gratis tapi juga bisa dapat edukasi khusus tentang minuman yang kamu nikmati. Boleh juga nih!

Via: esquire.com

MM

Share this :