Destinasi ‘Beer-cation’ Kece yang Harus Kamu Ketahui
By • Thursday, 27 October 2016
Tags : / /

Ketika seseorang tengah merencanakan perjalanan “beer-cation” (beer vacation), tentu saja ia memikirkan nikmatnya bir terkenal munich pada bulan Oktober. Barangkali malah membayangkan berendam di bak yang penuh bir sembari menyesap bir terenak di kota tersebut. Kemudian sederetan nama-nama lainnya seperti Munich di Jerman, Brussels di Belgium, Dublin, dan Irlandia beserta kegiatan yang identik dengan kota tersebut bermunculan dalam kepala.

Tentu menarik jika kamu dapat berkesempatan ke kota-kota tersebut, namun kota dengan bir terbaik bukan hanya milik mereka yang terlibat langsung dalam sejarah besar bir. Ada beberapa kota di dunia ini yang patut dikenal para beer enthusiast sebab pilihan bir di tempat tersebut melampaui kata biasa saja.

tl-horizontal_main

Köln (Cologne), Germany

Bagi masyarakat lokal, kelihatannya tidak adil ketika Cologne harus hidup di bawah baying-bayang kultur bir Bavaria dan segala macam hal berhubungan dengan Oktoberfest. Namun untuk para brew geeks, kota yang terletak di sungai Rhine ini terkenal akan kontribusinya sendiri terhadap dunia bir yakni hibrida style “lagered ale”, kölsch. Sebagai kota yang memiliki sumbangsih sebesar itu, tentu saja ada banyak kölsch asli dapat kamu sesap di kota tersebut. Kamu dapat merasakan kenikmatan minum kölsch segar, dingin dalam gelas berukuran 0.2 liter  yang dibawakan oleh pelayan kölsch (atau köbes) di bar cozy seperti Gaffel am Dom, Früh, atau Peters Brauhaus.

sheffield

Sheffield, Inggris

Dari pub tertuanya, seperti King’s Head dan the Frog and Parrot, sampai ke craft beer breweries, seperti Kelham Island Brewery dan Breg Dog Sheffield, kota ini dikenal sebagai “kota bir terbaik sedunia” dan “ibukota ale sebenarnya di dunia” menurut The Guardian.  Ale merupakan style bir tradisional Inggris. Pale Ale dan India Pale Ale, turunan ale yang lebih terkenal berkat craft brewer Amerika, pun berasal dari Negara ini. Jika kamu menyukai jenis bir seperti ini, maka kamu harus pergi ke Sheffield, kota bir termurah di Inggris Raya.

rome

Roma, Italia

Italia terkenal akan wine, makanan, sejarah dan politikusnya yang menarik. Namun apa yang seharusnya diharapkan dari para pecinta bir akan kota ini pasti berkutat pada dua hal. Satu, trend craft beer tengah berkembang pesat di kota ini. Kedua, kamu pastinya bisa dengan mudah mendapatkan pasangan paling terkenal sepanjang sejarah kuliner. Apalagi kalau bukan bir dan pizza!

Meskipun craft beer di Italia kebanyakan dibuat di luar ibukota negara, Roma tetap menjadi pusatnya tempat konsumsi craft beer. Roma telah memiliki banyak bar craft beer dan jumlah itu bertambah seiring dengan berjalannya tahun. Tempat yang tidak boleh terlewatkan termasuk Ma Che Siete Venuti a Fad an Luppolo 12 serta Open Baladin. Setiap tempat menyediakan bir Italia seperti Brew Fist dan bir kenamaan dari setiap tempat di dunia.

buenos-aires

Bueos Aires, Argentina

Seperti Italia, Argentina memang tidak terkenal dengan kultur birnya. Negara ini lebih dikenal melalui musik Tango, namun negara ini ternyata memiliki kota yang diam-diam maju dalam hal per-bir-an. Seperti Roma, mayoritas craft beer Argentina diproduksi di luar ibukota, Buenos Aires, namun konsumsinya ada pada area tersebut. Di kota seperti Viedma, Rio Negro, sebagian daerah Patagonia, ada banyak microbreweries setara Gülmen yang memproduksi serangkaian bir spesial terinspirasi dari style-style di seluruh dunia. Wih! Satu lagi kota masuk ke daftar harus pergi.

hanoi

Hanoi, Vietnam

Asia tidak identik dengan bir. Orang Asia jarang minum bir. Benar, kan? Pernyataan itu sangat salah. Ada beberapa negara di Asia yang memiliki tradisi minum bir seperti Jepang, Korea Selatan, bahkan Indonesia sendiri. Namun, Hanoi di Vietnam, berdiri di atas lainnya.

Hanoi bukan hanya tempat termurah untuk minum bir, tapi tempat itu juga memiliki kultur bir yang unik. Setiap pagi, pembuat bir lokal meramu bir segar, “Bia Hoi”, dalam style Jerman dan Ceko untuk menemani para turis dan masyarakat lokal nikmati di bawah sinar matahari. Bir segar ini seharga kurang dari satu dolar segelas dan merupakan minuman yang pas untuk melawan suhu panas kota. Tidak ada hal biasa mengenai bir Hanoi atau kultur serta janji sebuah perjalanan beer-cation tak terlupakan.

Menurutmu, kota bir manakah yang paling wajib dikunjungi?

LR

Via : Couponbox

Share this :