7 Fakta Bir yang Bikin Kamu Tambah Pintar • BEERGEMBIRA.COM
7 Fakta Bir yang Bikin Kamu Tambah Pintar
Posted by | Saturday, 17 October 2015

Perbincangan dengan teman sejawat pastinya selalu menyenangkan. Tukar pandangan, tukar pikiran, tukar lelucon, semua memberikan kontribusi untuk memberikan arti pada momen hidup kamu. Apalagi jika sembari bertukar cerita, ada bir yang menemani. Bagaimanapun juga momen berharga tersebut akan jauh lebih menarik jika melibatkan penetahuan oke mengenai topik yang memang kamu sukai.

Kami merangkum fakta-fakta bir lain lagi yang bisa kamu selipkan dalam perbincangan kamu dan teman sejawat. Atau kalau memang teman sejawat bukan sasaran bicara kamu, bisa juga kamu memberitahukan pengetahuan ini kepada teman kamu yang nggak suka minum. Inilah dia tujuh fakta bir yang bisa bikin kamu pintar.

beer2

#1 Bir adalah kata serapan dari bahasa belanda yakni Bier. Ini juga di pakai untuk menyebut minuman yang sama dalam bahasa Jerman. Ada dua teori yang muncul ketika bicara mengenai asal kata bir. Teori pertama mengatakan bahwa beer atau bir berasal dari bahasa Old English yakni bēor, memiliki hubungan erat dengan kata bēow yang berarti ‘barley’. Teori kedua mengatakan bahwa kata tersebut berasal dari bahasa Latin yakni bibere yang berarti “minum”.

#2 Bukti kimiawi paling awal dari bir tercatat pada tahun 3500-3100 SM berlokasi di Godin Tepe di Pegunungan Zagros, Iran Barat.

beer-bread

#3 Inovasi penemuan roti dan bir telah menjadi topik perdebatan sebab dikatakan bahwa indikator tersebut merupakan bukti  perkembangan teknologi dan peradaban manusia. Ini didasari oleh penemuan pecahan teko berusia 5,000 tahun yang memiliki kandungan Calcium Oxalete—zat yang ditemukan dalam proses pembuatan bir.

monk-beer

#4 Pada zaman dulu, pendeta yang tengah melakukan puasa atau mengurangi makanan padat mengonsumsi bir. Di abad pertengahan, pendeta diizinkan untuk mengonsumsi 5 liter bir sehari.

oldest-beer-recipe

#5  Resep tertulis paling tua adalah resep untuk membuat bir. Ini ditemukan pada tablet  berusia 4,000 tahun yang ditemukan di Sumeria. Isi tablet itu sendiri merupakan himne untuk Ninkasi, sebuah doa yang ditujukan untuk Dewi Pembuatan Bir.

chinese-beer

#6 Di tahun 1116 SM, Kekaisaran Cina menyatakan bahwa untuk masuk ke surga, seseorang diharuskan mengonsumsi bir. Nggak heran kenapa semua lukisan orang asal negara bambu tersebut memiliki pipi yang kemerahan, ya.

rice

#7 Bahan pembuatan bir di Amerika didominasi oleh beras. Temuan ini bertujuan untuk menaikkan oplah jumlah penjualan yang juga berarti menaikkan keuntungan. Juga, bir dengan rasa ringan dibandingkan bir buatan negara lain ini diharapkan akan bisa menarik konsumen wanita.

LR

Image : openculture

Share This:

Comments