7 Langkah Mencicipi Bir seperti Pencicip Bir Professional
7 Langkah Mencicipi Bir seperti Pencicip Bir Professional
Posted by | Monday, 11 September 2017

Bir bukan lagi miliknya perusahaan besar lager semata. Berkat gerakan bir kriya, muncul banyak style dan rasa baru di hadapan para penikmat bir. Maka, akan sangat berguna jika kamu tahu bagaimana mencari dan mengapresiasi rasa-rasa tersebut. Bukan berarti kamu harus duduk di sofa, memutar-mutar gelasmu, menghirup aroma, dan menyesap hampir semua bir seperti segelas wine, tapi beberapa bir memang membutuhkan usaha yang ekstra.

Tiada yang tahu tradisi ini lebih baik daripada anggota Beer Judge Certification Program atau BJCP. Sebagai intermezzo saja, BJCP ini merupakan sebuah organisasi non-profit yang memberikan sertifikasi pada para penilai bir. Mulai berdiri pada tahun 1985, organisasi ini sekarang telah memiliki 3,000 penilai yang sering muncul di setiap acara bir di Amerika. Orang-orang ini tahu persis bir mereka. Mereka juga tahu bagaimana cara mengapresiasi bir.

Dimulai dari langkah-langkah yang sangat mudah seperti:

Penuangan yang sempurna

Tuangkan bir ke dalam gelas yang bersih. Gelas apa saja bisa dipakai, namun sebuah gelas tulip merupakan jenis yang terbaik. Jika ada banyak karbonasi, miringkan gelas supaya beer head tidak terlalu banyak. Jika karbonasinya rendah, tuangkan bir secara lurus langsung ke bagian tengah gelas untuk memicu bir memberikan head yang tepat.

Hirup aromanya

Putar birnya di dalam gelasmu dan posisikan hidung di pinggiran gelas. Hirup beberapa kali. Hangatkan bir dengan kedua tanganmu untuk mengeluarkan aroma yang lebih lagi. Jika kamu masih menemukan masalah, taruh kedua telapak tangamu ke atas gelas dan putar bir beberapa detik demi memerangkap aroma di gelas. Kemudian hirup aromanya.

Periksa warnanya

Pegang gelas ke arah cahaya dan miringkan sedikit. Periksa warnanya, entah bir berwarna terang atau berkabut, dan berapa banyak head tetap berada di atas bir. Kamu bisa mencermati perbedaan tampilan untuk beberapa jenis style berbeda dengan latihan.

Kembali ke aroma

Putar kembali bir dan posisikan hidung di pinggiran gelas. Aroma bir seharusnya lebih menguar setelah tiga langkah sebelumnya. Perhatikan beda aroma kali ini dengan yang sebelumnya.

Rasakan

Akhirnya, tiba waktunya untuk menyesap bir. Coba sesap sesuai dengan takaran mulutmu. Biarkan bir menyentuh bibir, gusi, gigi, dan semua permukaan lidah. Ketika kamu menelan sesapan tersebut, jaga supaya mulut tertutup dan tarik napas melalui hidung. Catat beberapa rasa yang kamu kenali hingga aftertastenya.

Rasakan, lagi.

Sesap sekali lagi, kali ini coba fokuskan pada berat birnya. Bandingkan dengan bir lain dengan style yang sama yang pernah kamu cicip sebelumnya.

Nikmati

Pada langkah inilah kamu disarankan menyesap bir langsung. Mengutip dari Vine & Pair, BJCP menuliskan dalam prosedur mereka untuk santai, hirup napas panjang. Hidup aroma bir sekali lagi, dan rasakan lagi. Beri jeda untuk menentukan bir ini seharusnya memiliki nilai berapa.

Selamat! Kamu sudah cocok jadi beer judge!

Ngobrol lebih jauh mengenai bir yuk! Kunjungi forum Beergembira, tempat di mana kamu bisa ngobrol bareng sesama pecinta bir.

 

LR

Via : Vine & Pair 

Share This:

Comments