Pecinta Bir Wajib Mengantongi Pengetahuan dari Kamus Singkat Bir Ini • BEERGEMBIRA.COM
Pecinta Bir Wajib Mengantongi Pengetahuan dari Kamus Singkat Bir Ini
Posted by | Thursday, 16 March 2017

Daftar jenis bir yang beredar di pasaran nampaknya sangat banyak dan membuat pusing para pelanggan. Beberapa sumber yang telah mengumpulkan banyak daftar jenis bir di pasaran pun gagal membuat kamus yang mudah dipahami. Jangan biarkan berpuluh-puluh gaya bir membuatmu tertipu! Kenyataannya, setiap bir yang tersedia di pasar merupakan entah sebuah ale atau sebuah lager.

Ale, bir yang difermentasi di temperatur lebih hangat, terasa lebih kuat, dan meinggalkan aftertaste yang lebih lama. Lagers, di lain sisi, merupakan bir yang difermentasikan di lingkungan lebih dingin, jauh lebih tahan, dengan tekanan yang lebih besar pada pemanggangan bahan pembuatnya atau rasa malt yang manis.

Bir bergaya apa saja sih yang termasuk ale atau lager? Cek kamus singkanya dibawah:

Ale

Abbey Ale

Bir kuat yang terasa lembut dengan khas buah-buahan yang dihubungkan dengan biara Belgian Trappist. Dibuat dengan cara tradisional, memiliki varian dubbel dan tripel.

Pale Ale

Ale pahit bergaya Inggris. Kaya akan rasa hoppy, memiliki rasa buah merah yang sempurna, dan meskipun namanya berarti pucat, bir ini muncul dalam warna perunggu atau bahkan kemerahan. Versi Amerika pada umumnya jauh lebih hoppy daripada jenis dari Inggris.

Porter

Ale berwarna coklat gelap dengan rasa malt coklat dan memiliki kandungan kepahitan hop yang menyegarkan.

Stout

Kakak dari porter. Ale berwarna coklat-kehitaman dibuat dengan malt yang dipanggang.

Bir gandum, Geizenbier, Witbier

Ale yang dibuat menggunakan gandum mentah bersama dengan jelai (barley). Bir yang ringan dengan rasa apel dan buah peach, aroma ragi yang kental dan head yang creamy. Versi Belgia memiliki rasa rempah-rempah yang lebih kuat.

 

Lager

Bock

Lager coklat yang kuat dengan karakteristik manis yang malty. Sebuah Doppelbock (“double bock”) memiliki dua kali rasa lebih kuat daripada bock biasa.

Pilsner

Golden pilsner didefiniskan melalui rasanya yang clean dan renyah serta rasa tanaman yang kuat, bahkan terkadang memiliki aroma herbal.

Schwarzbier

“Bir hitam”, lager berwarna coklat yang nampak seperti stout namun rasanya lebih ringan, dengan rasa pahit yang lebih daripada stout.

 

LR

Via : Food and Wine

Share this :

Comments