Gimana Cara Mendinginkan Bir Dalam Waktu 5 Menit? • BEERGEMBIRA.COM
Gimana Cara Mendinginkan Bir Dalam Waktu 5 Menit?
Posted by | Monday, 5 June 2017

Saat sedang mempersiapkan acara, mendinginkan bir seringkali terlupakan. Entah bagaimana bisa burger dan makanan lainnya sudah siap ditata di meja dan hiasan ruangannya sudah digantung, tapi lima belas menit sebelum acara dimulai, kamu terjebak dengan bir yang masih bersuhu ruangan.

Nggak usah panik! Ada ilmu sains yang bisa membantumu, namanya termodinamika. Suhu cairan di dalam kaleng logam atau botol kaca bisa turun secepat mungkin kalau kamu mendinginkan bir menggunakan salt water method atau metode air asin.

Ini adalah cara paling dasar dan praktis untuk mendinginkan minuman apapun (termasuk bir) karena hampir setiap orang memiliki bahan-bahannya: air, garam, wadah.

Caranya gampang banget:

  1. Isi wadah (yang terisolasi, misalnya cooler) dengan es, air, dan banyak garam. Kamu nggak perlu memasukkan garam berlebihan, tapi kamu bisa melebihkan es nya. Pastikan kamu memasukkan cukup air yang akan mengelilingi minuman, karena itu memberimu tempat yang sangat luas untuk mendinginkan bir di dalamnya.
  2. Tenggelamkan kaleng/botolmu. Pastikan minumannya tidak diletakkan terlalu rapat, karena air dinginnya harus mengalir di sekitar setiap kaleng atau botol. Kalau kamu memasukkan minuman ke cooler yang memiliki tutup, tutup coolernya.
  3. Tunggu. Proses ini hanya akan memakan waktu sekitar lima menit.
  4. Ta-da! Bir dinginmu bisa segera dinikmati, deh.

Selamat mencoba!

 

AM
Via Popular Science

Share This: