Bir Dari Negara Belanda Ini Terbuat Dari Air Hujan
By • Wednesday, 20 July 2016

Bagi beberapa tempat di dunia, nampaknya hujan tidak pernah berhenti turun. Satu brewery akhirnya memutuskan untuk mempergunakan kesempatan yang diberikan oleh alam tersebut. Hasilnya? Bir enak yang terbuat dari air hujan. Brewery  yang berlokasi di Amsterdam, Brouwerij de Prael akan meluncurkan “Hemelswater” atau arti secara harafiahnya adalah “Air Surgawi” sebagai nama dari bir terbaru mereka.

Sebuah bir blond dengan konten alkohol 5.7%, mirip dengan IPA, ini terinsipirasi oleh sebuah institusi lingkungan bernama Amsterdam Rainproof yang bertujuan untuk menambah daya serap kota. Para pembuat bir lantas mengumpulkan beberapa ribu liter air dan menaruhnya dalam sistem filtrasi bacterial serta memasaknya sebelum digunakan untuk membuat bir baru ini.

Salah satu pendiri brewery tersebut, Joris Hoebe, mengatakan kepada The Guardian bahwa bir mereka berasal dari hari-hari paling basah di kota mereka. Ia menambahkan bahwa mereka biasa mengalami musim panas yang menyebalkan serta banyak hujan. Joris yang mempunyai hobi membuat bir menyadari fenomena tersebut. Maka ia menggagas ide untuk menggunakan air hujan sebagai bahan pembuatan bir.

Bir ini baru akan tersedia dengan harga €2 atau setara dengan harga 30 ribu rupiah satu botolnya di beberapa bar sekitar kota Amsterdam. Namun menurut Hoebe, mereka memiliki rencana untuk memperluas pasar di tahun berikutnya. Yaz!

LR

Via: psfk

Share this :