Ketahui 5 Dewa Dewi yang Menciptakan Bir
By • Sunday, 7 August 2016
Tags : / / / /

Bir dan minuman hasil proses fermentasi lainnya telah lama diproduksi dalam berbagai macam bentuk di seluruh dunia. Bir umunya sering dijadikan pilihan jenis minuman yang dapat dikonsumsi. Oleh karena itu bir termasuk komoditas penting dan sangat berpengaruh untuk budaya zaman dahulu. Maka dari itu, tidak heran banyak kepercayaan yang menaruh ucapan terima kasih dalam simbol penyembahan kepada dewa dewi bir.

Berikut telah kami rangkum beberapa nama dewa-dewi bir yang dipercayai menciptakan dan memperkenalkan bir kepada umat manusia.

Dionisos

aelxoqrrccyrzoeepfpf

Dionisos terkenal sebagai dewa anggur dalam mitologi Yunani. ia selalu diasosiasikan sebagai dewa pesta dan merupakan salah satu dari 12 Dewa Olimpus. Juga dikenal sebagai Bakkhus, dewa yang satu ini dipercaya memperkenalkan minuman seperti wine dan bir kepada manusia. Tidak heran, ya, kenapa bir selalu muncul sebagai minuman wajib saat pesta. Terima kasih, Dionisos!

Silenus

lvwbvgjncga2ordzbcp6

Dalam mitologi Yunani kuno, Silenus ini dikenal sebagai Dewa-nya bir dan teman minum. Sering dihubung-hubungkan dengan Dionisos, dewa yang satu ini biasa digambarkan sebagai seorang lelaki botak dan gendut. Perutnya yang buncit ini mengingatkan siapapun pada istilah  “beer belly”. Jadi, ketika kamu tengah berada di bar dan mendapatkan teman minum baru, anggap saja si dewa Silenus ini mengamini jeritan hatimu yang butuh curhat sembari ngebir.

Ninkasi

spfgeq29uaa4uqspntks

Ninkasi muncul sebagai nama yang terkenal dalam mitologi Sumeria kuno. Ia adalah dewi bir. Dari dewi yang satu inilah resep bir didapatkan umat manusia. Konon, rahasia dari resep membuat bir direkam jejaknya dalam sebuah prasasti. Dalam mitologi Sumeria pula didapatkan informasi bahwa Dewi Ninkasi dikenal dengan kekuatannya untuk memuaskan hasrat manusia. Wih! Nggak heran ya, setiap meneguk bir rasanya chill banget.

Osiris

e5rinhv4bsnlau6ymr5c

Dalam budaya Mesir kuno, Osiris dikenal sebagai dewa pertanian. Selain itu, dewa satu ini juga populer sebagai dewa bir. Seorang sejarawan Yunani yang hidup pada masa Julius Caesar pernah menulis bahwa Osiris-lah yang mengajari orang-orang bagaimana membuat bir, minuman yang nggak sekuat wine dalam hal bau, yang terbuat dari barley.

Aegir

yakonk7h2c3nmskww7fi

Mitologi Nordic menyebutkan bahwa Aegir sebenarnya merupakan dewa laut. Namun dewa ini mendapatkan pamor yang lebih luas sebagai dewa bir dan pembuatan bir. Aegir ini ternyata membuat ale untuk para dewa lainnya setelah Thor membawakannya ceret yang cukup besar. Selama musim dingin, para dewa akan minum di rumahnya si Aegir. Oleh karena itu, dewa satu ini juga dikenal sebagai dewa keramahan. Konon katanya, gelas-gelas yang berada di koridor kuil Aegir akan selalu penuh berisi bir dan nggak pernah habis sebab mereka akan terus terisi secara ajaib. Wih! Aegir benar-benar tahu caranya membuat pesta di akhir pekan!

Ada lagi dewa-dewi bir yang kamu tahu?

LR

Image : Maoli Brews

Share this :