Kenalkan: Yuengling, Brewery Tertua di Amerika
By • Friday, 9 December 2016

Melihat pasar bir di Indonesia yang tidak menyediakan berbagai variasi merk bir, sepertinya banyak yang masih asing dengan brewery tertua di negeri Paman Sam.

Brewery ini bernama Yuengling dan bir produksi mereka bisa dibilang minuman ‘khas’ Pennsylvania. Kalau menurut orang nomor satu di Amerika alias Obama (belum ganti jadi Trump, kok!), bir ini rasanya enak dan termasuk salah satu favoritnya.

Penasaran, kan? Yuk, kenalan sama Yuengling Brewery!

 

Didirikan seorang imigran dari Jerman

davidy

Brewery ini didirikan oleh 1829 oleh David Gottlob Yuengling, seorang imigran dari Jerman yang mengubah namanya dari “Jüngling” menjadi “Yuengling” ketika ia datang ke Amerika pada tahun 1823.

Tetap survive pada Masa Pelarangan

yuengling2

 

Pada 16 Januari 1919, ada amandemen di Amerika Serikat yang menyatakan dimulainya Masa Pelarangan – produksi, penjualan, dan pengiriman minuman alkohol dianggap ilegal. Saat itu, Yuengling berhasil bertahan dengan menjual bir dengan konten alkohol yang sangat rendah (0.5%). Minuman yang diberi nama Yuengling Special, Por Tor, dan Juvo ini adalah minuman energi yang di brew dengan sereal dan padi-padian.

Memproduksi bir dan es krim

yuenglingice

Dairy department mereka mulai beroperasi tahun 1920 dan sempat tutup pada tahun 1985. Namun, bulan Maret tahun ini, departemen ini ‘hidup’ kembali dan dioperasikan oleh David Yuengling (sepupu pemilik brewery saat ini). Mereka menawarkan es krim dengan rasa seperti  Root Beer Float dan Black & Tan. Es krim ini tidak terbuat dari bir, melainkan Belgian chocolate dan salty caramel.

Punya 7 jenis bir

7yuengling

Bir legendaris mereka, Traditional Lager, sempat berhenti dipasarkan. Namun saat heavy beer mulai naik daun, Yuengling memanfaatkan momen tersebut untuk menjadi bir anti-mainstream dan memperkenalkan lagi light beer ikonik mereka – dan strategi ini berhasil. Bahkan, kalau kamu ke Pennsylvania dan memesan ‘lager’, kamu akan disuguhi Traditional Lager. Selain itu, mereka punya enam jenis bir lain yaitu Premium, Porter, Black & Tan, Light Lager, Lord Chesterfield Ale, dan Light Beer.

Tersedia di 16 negara bagian Amerika Serikat

murica

Brewery ini mendistribusikan bir mereka ke Pennsylvania, Ohio, New Jersey, New York, Delaware, Maryland, Virginia, West Virginia, Alabama, Tennessee, North Carolina, South Carolina, Georgia, Florida, Washington DC, dan Massachusetts.

 

AM

Via Thrillist

Share this :