Morimoto Soba Ale, Bir yang Terbuat dari Soba
By • Monday, 20 February 2017

Penyuka mi umumnya mengenal soba sebagai nama mi tipis yang sehat.

Sebenarnya, soba itu bukan nama mi, melainkan bahasa Jepang dari buckwheat, bahan utama pembuat mi. Ia bukan termasuk tipe biji gandum dan termasuk dalam keluarga rhubarb alias buah-buahan. Soba sudah dikonsumsi sejak dulu karena kaya akan nutrisi.

Soba nggak cuma digunakan untuk membuat mi, tapi juga bir! Buktinya, Rogue Ale berhasil menggabungkan bahan dasar mi tersebut sebagai bahan bir mereka. Perusahaan bir dari Oregon ini memang suka membuat bir yang ‘unik’, contohnya bir dengan yeast dari jenggot.

Pembuatan bir dari soba ini melibatkan salah satu bintang dalam acara Iron Chef, Chef Masaharu Morimoto.

Bir yang diberi nama Morimoto Soba Ale ini termasuk Signature Series Rogue Ale. Menurut website resmi brewery tersebut, Morimoto Soba Ale di brew dengan buckwheat panggang, pale malt, munich malt, carastan malt, dan hops kristal. Perlu diingat bahwa bir ini mengandung 5% ABV dan gluten. Rasanya unik dengan sensasi kacang panggang dan 130 IBU.

Rasa bir ini bisa dibilang cukup sesuai dengan apa yang diklaim oleh Rogue Ale. Bir soba mendapat nilai 81/100 dari 215 ulasan di Beer Advocate. Beberapa penulis ulasan berkomentar bahwa bir ini menyegarkan, memiliki aroma yang fruity dan roasty, dan cocok sebagai teman makan karena rasanya tidak terlalu kuat. Mereka juga menulis bahwa saat minum bir ini tidak seperti sedang makan mi.

Sayangnya, bir ini hanya bisa dikirim ke Oregon, Washington, dan California.

 

AM
Via Rogue.com
Image via Pop Sugar

Share this :