Ahli Kimia Temukan Cara Mengubah Bir Menjadi Bahan Bakar
Ahli Kimia Temukan Cara Mengubah Bir Menjadi Bahan Bakar
Posted by | Thursday, 14 December 2017

Beberapa ahli ilmu kimia telah menemukan sebuah cara mengubah bir menjadi bahan bakar bensin. Menurut surat kabar Independent dan dikutip dari Joe, para ahli ilmu kimia dari University of Bristol telah mencoba selama bertahun-tahun untuk membuat sebuah formula demi mengubah ethanol menjadi butalnol, namun tidak ada yang benar-benar bekerja sepenuhnya sampai akhirnya sekarang.

Rupanya, membuat bensin dari penggunaan ethanol bisa menjadi sebuah usaha yang penuh siasat. Apalagi mengingat elemen tersebut memiliki energi dan kepadatan rendah serta reaksinya terhadap air.

Di lain sisi, Butanol merupakan sebuah opsi lain bahan bakal yang lebih baik, tapi pembuatannya yang berasal dari sumber daya berkesinambungan sangatlah rumit.

Menimbang dari kedua sisi itulah, para ahli ilmu kimia bertekad untuk mengembangkan sebuah teknologi pengubah ethanol yang ditemukan dalam alkohol menjadi butanol.

Professor Duncan Wass mengatakan jika minuman beralkohol merupakan model ideal bagi didihan fermentasi ethanol industri. Ethanol untuk bensin sangat penting dibuat menggunakan proses pembuatan bir.

Ia menambahkan kalau teknologi pihaknya bekerja sangat baik dengan minuman beralkohol (terutamanya adalah bir merupakan model terbaik). Kemudian, teknologi itu juga memiliki potensi yang dapat disesuaikan demi membuat butanol sebagai sebuah pengganti bensin di level industrial.

Tim Professor Duncan mendemonstrasikan potensi membuat bahan bakar ramah lingkungan dari butanol, yang dapat dilakukan dengan skala lebih besar di masa depan.

Professor Duncan mengaku mengubah bir menjadi bensin merupakan pengalaman yang menyenangkan dan berhubungan erat dengan sisa-sisa pesta Natal di laboratorium, namun dalam skala yang serius.

Dikatakan pula olehnya jika bir sebenarnya merupakan model sempurna bagi campuran kimiawi yang bisa digunakan untuk proses industrial sehingga teknologi tersebut selangkah lebih dekat dengan kenyataan.

Betapa bir telah menyelamatkan umat manusia, guys! Sebarkan berita ini agar setiap orang tahu mengenai potensi baru bir dan berikan komentarmu di bawah ya!

 

LR

Via : Joe

Share this :

Comments