Menurut Penelitian, Bir Bisa Membuatmu Merasa Lebih Bahagia
Menurut Penelitian, Bir Benar-Benar Bisa Membuatmu Merasa Lebih Bahagia
Posted by | Monday, 2 October 2017

Para peneliti Jerman mengemukakan sebuah hasil studi dalam jurnal Scientific Reports yang pastinya akan diamini para penikmat bir seantero jagad: bir membuatmu lebih bahagia.

Setelah menelusuri 13,000 komponen makanan berbeda demi menemukan yang manakah yang paling efektif memberikan stimulasi hadiah di bagian tengah otak, para peneliti tersebut terkejut menemukan bir berada di daftar teratasnya.

Hordenine, yang ditemukan pada malted barley dan bir, bekerja sangat baik dalam memperbaiki mood dan memberikan semangat.

Professor Monika Pischetsrieder, dari Friedrich-Alexander-Universität Erlangen-Nürnberg (FAU) mengatakan jika pihaknya cukup terkejut menemukan substansi dalam bir yang mampu mengaktivasi reseptor D2. Apalagi mengingat pihaknya berhadapan dengan stimulan yang bukan makanan.

Sama seperti dopamine, hordenine dapat merangsang reseptor D2, meski dengan efek yang sedikit berbeda. Para peneliti menemukan jika zat tersebut merangsang reseptor sedemikian rupa hingga membuat seseorang merasa bahagia lebih lama daripada saat terkena efek dopamine.

Maka itulah yang membuat para penikmat bir sulit berhenti atau dalam beberapa kesempatan, mengetahui kalau mereka sudah hampir melewati batas.

Kondisi tersebut dinamai hedonic hunger, dorongan untuk makan (juga minum dalam kaitannya dengan bir) demi perasaan puas daripada untuk memenuhi kebutuhan biologis.

Kesimpulannya, sementara bir akhirnya mendapatkan pengakuan secara ilmiah sebagai minuman kebahagiaan, kamu tetap harus berhati-hati. Kamu nggak mau bangun di pagi hari menyesal karena hangover berlebihan dan menemukan dompet kamu kering kan?

Makanya, #TahuBatasnya.

Share tulisan ini supaya semua penikmat bir bisa merayakan penemuan menggembirakan ini seraya tetap minum secara bertanggung jawab!

 

LR

Via : The Sun

Share this :

Comments