Cider 101: Mengenal Lebih Dekat Lagi Cider • BEERGEMBIRA.COM
Cider 101: Mengenal Lebih Dekat Lagi Cider
Posted by | Sunday, 30 April 2017

Yes, we’re back again! Setelah fitur bulan lalu kita sudah membahas perbedaan mengenai apa itu cider beer dan perbedaannya dengan bir biasa pada umumnya, kali ini kita akan menggali lebih dalam lagi mengenai produk dari cider itu sendiri. Dan yang akan kita bahas di sini adalah cider yang sudah ada di pasaran di Indonesia supaya nanti ketika kamu sudah membaca artikel ini dan penasaran dengan rasanya, tidak perlu bersusah payah mencari atau menitip cider dari teman yang sedang plesiran ke luar negeri. Oh ya, buat kamu yang belum sempat mencari tahu apa perbedaan cider beer dengan bir biasa, kamu bisa membaca fitur artikel di tautan berikut ini.

Di Indonesia sendiri, munculnya produk bir hasil fermentasi buah apel ini memang baru seumur jagung dan belum begitu popular. Namun jangan salah, meski tergolong baru, peminat dari cider ini cukup tergolong banyak di sini. Dan saat ini pun, beberapa produsen cider sudah mulai merambah toko-toko yang menjual minuman beralkohol, bar, cafe, dan restoran-restoran dengan varian yang bermacam-macam. Sebut saja Albens Cider, Magners, Strongbow, dan Sunray.

Albens Cider:

Produk ini merupakan cider yang pertama kali diproduksi di Bali dan memang asli buatan Indonesia. Pertama kali diperkenalkan tahun 2012 dengan tiga varian cider, yaitu:

  1. Original Fuji Apple: Dibuat dengan menggunakan resep turun temurun dari Inggris yang menghasilkan rasa cider yang renyah dan klasik berpadu dengan cita rasa modern saat ini. Sedikit terasa manis dan asam, namun signature dari classic apple cider-nya tidak mengubah kesegaran dari minuman ini. Kandungan alkohol dari Original Fuji Apple ini adalah 4.95% ABV.
  2. Apple & Strawberry: Campuran dari rasa manis buah strawberry dengan resep asli apple cider yang terasa menyegarkan di tiap sesapannya. Minuman ini mengandung kadar alkohol 4.95% ABV.
  3. Apple & Mango: Perpaduan yang sempurna antara kesegaran buah mangga dan apel. Cocok untuk dinikmati di cuaca yang sedang terik-teriknya. Mengandung kadar alkohol sebanyak 4.95% ABV.

Magners:

Produk ini merupakan cider asal Irlandia dan dibuat sebagai bentuk penghormatan terhadap resep cider original yang disempurnakan oleh William Magners sejak tahun 1935. Cider ini dibuat dengan resep jus asli dan dikombinasikan dengan 17 macam apel yang dibudidayakan di lahan khusus untuk menjaga cita rasa dan kualitasnya. Proses fermentasinya pun menggunakan ragi asli yang disimpan dalam gentong khusus yang dirancang oleh Magners. Di Indonesia, Magners hadir dalam tiga varian rasa:

  1. Original Irish Cider: Dibuat dengan menggunakan campuran dari 17 varian dari buah apel. Cider ini diklaim sebagai produk nomer 1 dari Irish Cider di dunia dan Irlandia sendiri serta menguasai lebih dari 45 pasar global. Mengandung kadar alkohol sebanyak 4.5% ABV.
  2. Pear Irish Cider: Diolah dari 100% kandungan buah pir berkualitas tinggi yang menghasilkan rasa yang otentik dan aroma alami dari buah pir itu sendiri. 4.5% ABV
  3. Berry Irish Cider: Kesegaran yang dibalut dari resep jus asli serta kombinasi dari rasa manis buah strawberry, raspberry, dan citrus yang sedikit asam dari blackcurrant. Menghasilkan kadar alkohol sebesar 4% ABV.

Strongbow:

Didistribusikan oleh PT Multi Bintang Indonesia, produk ini memiliki kandungan alkohol sebanyak 4.5% ABV. Cider manis, berwarna keemasan, dengan rasa yang gurih bercampur dengan aroma apel hijau ini cocok disajikan dengan es batu untuk menambah kesegarannya.

Sunray:

Cider ini pertama kali diperkenalkan dalam sebuah acara release party yang diselenggarakan di The Goods Dinner, sekitar tahun 2014 silam kalau kami tidak salah (mohon dikoreksi kalau kami keliru ya :p). Setiap botolnya berisi kandungan yang setara dengan dua cangkir teh hijau yang berfungsi sebagai anti oksidatif dan nutrisi yang berfungsi sebagai pembersih alami sekaligus mengurangi efek alkoholnya. Sunray mengandung kadar alkohol sebanyak 4.9% ABV.

So, makin penasaran dengan varian-varian cider yang barusan kita bahas? Jangan takut. Produk-produk tersebut sudah bisa kamu dapatkan dengan mudah di beberapa bar atau bottle shop. Enjoy your cider and drink responsibly ya! Cheers!

*All images courtesy of Google, Albens, Magners, Strongbow, and Sunray

Share This:

Comments