Desain Kemasan Bir Ini Wujud Perlawanan Dari Diskriminasi Gender • BEERGEMBIRA.COM
Desain Kemasan Bir Ini Wujud Perlawanan Dari Diskriminasi Gender
Posted by | Monday, 4 December 2017

What a great time to be alive and be a feminist today! Walaupun feminisme sudah muncul sejak awal abad ke-19. Kita akui saja, isu tentang gender dan kebebasan tubuh perempuan masih menjadi perbincangan yang hangat. Lihat saja bagaimana perlawanan dari Womens March yang dilakukan jutaan perempuan progressive di Washington saat terpilihnya Donald Trump sebagai presiden Amerika yang dianggap sebagai sosok sexist, mysoginist & sexual predator. Namun selain turun ke jalan, banyak cara untuk memperjuangkan kesetaraan, setiap perempuan atau komunitas memiliki cara uniknya tersendiri.

Nah, salah satunya yang dilakukan oleh sebuah microbrewery ciamik asal Australia ini. Yup, Sparkke Change Beverage Co. mereka memilih bir menjadi media untuk menyampaikan pesan inspiratifnya. Jadi dengan menikmati sekaleng pilsner kita juga dapat membantu menyebar pesan perubahan yang terletak pada kaleng bir ini. Menurut Founder dari Sparkke’s hal ini dilakukan sebagai distraksi atas kultur bir yang seringkali menempatkan posisi laki-laki menjadi lebih dominan daripada perempuan dalam hal konsumsi atau pembuat keputusan .

Di bawah ini adalah dua jenis bir yang khusus dibuat Sparkke Change Beverage Co. dan dinobatkan menjadi bir paling feminis abad ini! Yas.

APPLE CIDER – SEXUAL CONSENT

Sparkke’s Apel Cider, yang buahnya diambil dari kebun apel segar di tanah Adelaide. Seluruh bahan dalam pengolahan minuman ini memakai bahan dasar alami dan bebas gluten. Jadi aman untuk dikonsumsi bagi kamu yang memiliki alergi terhadap gluten.

Dan yang terpenting pada bagian kemasan kaleng bir ini tertulis Consent Can’t Come After You Do”, mungkin perihal seks agaknya tabu untuk dijadikan bahan obrolan. Namun dari sinilah tujuan Sparkke’s untuk mendobrak stereotip tersebut. Sehingga perempuan mempunyai otoritas dan bebas memilih atas tubuhnya.

HARD LEMONADE – NIPPLES ARE NIPPLES

Kalau yang satu ini berbahan dasar buah limun lokal dan jeruk bali merah. Is a great cool-down drink for all beer lovers! Berbahan alami dan bebas gluten. Dan, pada bagian depannya tertulis slogan “Nipples Are Nipples” yang tertuju langsung terhadap isu kesetaraan gender.

Gimana menarik bukan? Untuk info lebih lengkap tentang proyek ini cek di sini ya! Cheers!

SC

Via : Thefeministproject

Share this :

Comments