Gas CO2 vs Nitrogen dalam Bir
Gas CO2 Vs Nitrogen dalam Bir
Posted by | Sunday, 24 January 2016

Bicara mengenai bir bukan melulu mengenai visual, suhu minum yang tepat, gelas, atau rasa. Pembahasan lebih lanjut mengenai komponen-komponen pembuat bir itu sendiri sangat menarik untuk dibahas. Setelah membeberkan manfaat serta kegunaan komponen yang esensial dalam bir seperti bunga hops dan barley atau jelai, mari kita bahas mengenai gas.

Bir memiliki gas. Itu bisa dilihat dari busa yang terbentuk setelah kamu menuangkan bir ke dalam gelas. Biasanya jika kamu memesan pint di bar langgananmu, bir yang disuguhkan memiliki gas CO2 atau karbon dioksida. Selama masa fermentasi, ragi yang ada di tangka pembuatan bir memakan gula dari wort atau cairan manis hasil dari malt serta bahan pembuatan lainnya. Hasil dari proses fermentasi tersebut muncul sebagai alkohol dan CO2.

CO2 sendiri merupakan sebuah gas tanpa warna yang memberikan sensasi khas untuk birmu. Tergantung pada suhu dan tekanan, kamu bisa mendapatkan bir yang over carbonated, under carbonated atau just right. Mirip tingkat kematangan pada daging steak. Suhu yang pas untuk meminum bir tersebut pastinya sesuai dengan temperatur ruangan. Ini dikarenakan jika bir disajikan dalam suhu dingin, suhu itu akan menghambat pembuangan gas CO2.  Sementara kalau kamu menyesap bir dalam suhu yang lebih hangat daripada rekomendasi, bir tersebut akan menendang reseptor perasa di lidah tanpa ampun.

Di lain pihak, bir nitro merupakan bir yang ditambahkan gas nitrogen. Gas tersebut memiliki sifat insoluble atau susah untuk larut dalam cairan. Namun bukan berarti bir yang dibuat dengan tambahan gas nitrogen tidak enak loh. Justru nitrogen memberikan rasa creamy dan gelitikan khas dalam mulutmu setelah kamu menegak bir.

Bir nitro cenderung memiliki rasa yang tidak terlalu pahit jika disandingkan dengan bir  dengan gas CO2. Hal itu merupakan opini yang masih belum mendapatkan kesepakatan bulat. Jadi sebenarnya, sangat disarankan untuk mencoba bir nitro dan bir berkarbonasi langsung untuk tahu hasilnya.

Jadi ambil Guinness mu serta bir lain dalam kulkas dan rasakan sendiri bedanya.

Cheers!

LR

Via : Deschutes Brewery

Share This:

Comments