Jepang Membuat Bir dari Kotoran Gajah • BEERGEMBIRA.COM
Jepang Membuat Bir dari Kotoran Gajah
Posted by | Tuesday, 19 September 2017

Negara Jepang dikenal dengan berbagai macam ide-idenya yang unik dan mengejutkan. Pada awal tahun 2017 lalu, perusahan bir asal jepang, Sankt Gallen memproduksi dan berhasil menjual habis bir buatan mereka yang diberi nama “Un Kono Kuro”.

Bukan sembarang bir, produk Sankt Gallen ini dikatakan tidak biasa bukan lain karena memiliki bahan dasar pembuatan yang sangat unik: perpaduan antara biji kopi dan kotoran gajah. Well, kalau kamu fasih berbahasa Jepang, kamu pastinya sudah tahu terlebih dahulu ketika mendengar nama bir ini sebab nama tersebut berasal dari Bahasa Jepang “unko” yang berarti kotoran.

Bir ini mengingatkan banyak pihak akan kopi khas Indonesia yang sudah mendunia, yaitu kopi luwak. Proses pembuatannya pun juga hampir sama, yaitu biji kopi yang merupakan bahan pembuatan bir telah mengalami proses pencernaan di perut gajah, kemudian diambil kembali untuk diolah dan difermentasi hingga menghasilkan alkohol.

Bir ini memiliki aroma dan warna yang hitam pekat seperti minuman kopi pada umumnya. Untuk rasanya sendiri, bir ini memiliki perpaduan rasa antara manis dan pahit.

Apa kamu tertarik dan berani untuk mencicipi bir yang satu ini? Atau mungkin kamu punya ide yang nggak kalah uniknya mengenai bahan dasar untuk pembuatan bir di masa depan? Boleh di share di kolom komentar, yes!

WFG

VIA: Citizen6.liputan6.com , Viva.co.id

Share This:

Comments