Let's Beergembira Vol. 13: A Taste of Beer and Cider • BEERGEMBIRA.COM
Let’s Beergembira Vol. 13: A Taste of Beer and Cider
Posted by | Monday, 29 May 2017

Di beberapa artikel lalu, kami sempat membahas mengenai apa itu cider dan apa perbedaannya dengan bir. Tentu melalui pembahasan saja tidak akan cukup untuk mengetahui lebih dalam mengenai cider jika tidak dibarengi dengan proses mencicipi langsung. Well, di Beergembira tidak ada yang tak mungkin untuk urusan tasting dari produk-produk bir atau minuman beralkohol lainnya. Dan kami di sini dengan senang hati akan mengajak kalian untuk sama-sama merayakan kehidupan dengan bir-bir terbaik yang pernah ada. Setuju ya?

Buat kalian yang kemarin tidak sempat hadir di acara Let’s Beergembira: A Taste of Beer and Cider dan mungkin masih bertanya-tanya apa itu cider, penjelasan lengkapnya bisa kalian baca di artikel mengenai cider yang sudah kami bahas bulan lalu di sini.

Di Let’s Beergembira yang sudah memasuki edisi ke-13 ini, Beergembira bekerja sama dengan Paniaga selaku distributor dari Magners Ciders, yang produk-produknya sendiri sudah bisa kamu dapatkan di beberapa bottle shop yang menjual minuman beralkohol serta di beberapa bar-bar yang tersebar di penjuru Jakarta.

Por Que No, sebuah restoran dengan konsep unik dan homey serta bertempat di lantai paling atas sebuah gedung di bilangan Menteng, menjadi pilihan tempat untuk workshop kali ini. Dengan cukup merogoh kocek sebesar Rp 120.000,-, peserta dapat membawa satu orang teman dan berkesempatan untuk mencicipi satu buah bir serta tiga varian dari Magners Cider.

Acara workshop dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama khusus diadakan untuk rekan-rekan dari media dan sesi kedua terbuka untuk umum. Seperti biasa, Mommy Beer didaulat untuk memandu jalannya workshop dan kali ini didampingi oleh Pricilla dari Paniaga untuk menjelaskan secara detil dari produk Magners Cider tersebut.

Selain bir sebagai minuman pembanding, ada tiga macam varian dari Magners yang akan sama-sama dicicipi di workshop kali ini; Original, Pear, dan Berry Cider. Oh ya, sebagai catatan, Magners Cider sendiri merupakan keluarga dari Irish Cider.

Magners Original dibuat dari 17 jenis apel dengan gaya fermentasi mirip dengan wine. Dengan kandungan alkohol sebanyak 4.5% ABV, minuman dengan rasa yang fruity dan karakter yang kompleks ini sangat disarankan untuk diminum dengan menggunakan es batu untuk mendapatkan kesegaran yang maksimal. Magners Pear sendiri dibuat dengan menggunakan 100% buah pir dengan kualitas premium yang difilter sebelum dilakukan proses fermentasi. Hasilnya? Manis dan menyegarkan. Magners varian ini mengandung kadar alkohol sebanyak 4.5% ABV serta bebas gluten atau jenis protein yang biasanya terkandung di dalam gandum hasil persilangan. Lalu yang terakhir adalah Magners Berry yang merupakan perpaduan antara buah strawberry yang manis, raspberry yang asam, dan blackcurrant terbaik yang menghasilkan cider dengan standar tertinggi dengan kadar alkohol 4% ABV.

Selain sebagai minuman beralkohol, banyak fakta menarik seputar cider. Sebagai contoh, 45% apel yang dibudidayakan di Inggris saat ini menjadi bahan baku untuk pembuatan cider di seluruh dunia. Di abad ke-19, cider digunakan sebagai salah satu obat untuk menyembuhkan penyakit. Dan fakta unik lainnya lagi, di abad ke-14, alih-alih menggunakan air, cider digunakan untuk membaptis anak-anak kecil karena cider diyakini lebih jernih dibandingkan dengan air pada jaman itu. Menarik ya?

Jadi, sudah siap untuk cider pertamamu? Have fun! Dan jangan lupa untuk tetap minum yang bertanggung jawab ya! Cheers!

 

Big love to Paniaga & Por Que No

Share This:

Comments