Sachi, Bir Inovasi Berbahan Dasar Ampas Tahu • BEERGEMBIRA.COM
Sachi, Bir Inovasi Berbahan Dasar Ampas Tahu
Posted by | Sunday, 31 December 2017

Bir merupakan minuman fermentasi yang mengandung beberapa enzim tertentu akibat dari proses pembuatannya tersebut. Minuman yang khas dengan rasanya yang pahit ini, pada umumnya terbuat dari tiga bahan baku yaitu barley, bunga hops, dan ragi. Namun, ternyata selain tiga bahan tersebut, ada satu bahan lain yang bisa dijadikan sebagain bahan baku pembuatan bir yakni tahu.

Profesor Lui Shao Quon bersama dengan salah satu mahasiswa PhDnya, Chua Jian Yong dari Nus Faculty of Sciene, mewujudkan sebuah ide gila yang mungkin sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh banyak orang. Mereka menjadikan tahu sebagai bahan pembuatan bir yang kemudian diberi nama Sachi.

Ide awal pembuatan Sachi ini muncul dari ketertarikan Prof Lui dan Chua saat melihat air ampas produk fermentasi kacag kedelai yang biasanya terbuang begitu saja. Setelah melakukan berbagai percobaan, akhirnya keduanya menggunakan teknik fermentasi untuk memanfaatkan ampas produk tersebut.

Untuk menghasilkan bir tahu ini, mereka mencampurkan gula, asam, dan ragi tahu. Ketiga bahan tersebut kemudian diperam agar berfermentasi. Setelah sekitar tiga minggu, Sachi bisa langsung dinikmati.

Meski terbuat dari kerabat tempe, cita rasa yang dihasilkan oleh Sachi tidak kalah nikmat dari bir lainnya. Komposisi air dadih tahu ini melalui proses biotransformasi sehingga mengubah aroma kuat kedelai menjadi lebih manis.

Tim produksi Sachi berencana akan menggandeng partner dari industri untuk memasarkan produknya secara luas.

Penasaran untuk mencicipi rasa dari bir berbahan dasar tahu ini? Jangan lupa share postingan ini teman-teman pecinta birmu, agar semakin banyak yang penasaran!

 

WFG

Via: IDN TIMES

 

Share this :

Comments