Vegemite: Selai Yang Bisa Diolah Menjadi Bir • BEERGEMBIRA.COM
Vegemite: Selai Yang Bisa Diolah Menjadi Bir
Posted by | Monday, 27 November 2017

Pada umumnya, selai digunakan untuk olesan pada roti. Akan tetapi, selai yang satu ini ternyata bisa diolah menjadi bir. Selai Vegemite menjadi makanan ikonik Australia dan disukai banyak orang karena rasanya yang gurih. Pada Agustus 2015 lalu, Nigel Scullion, senat Australia, menyatakan bahwa Vegemite merupakan bahan yang sering digunakan untuk membuat bir oleh masyarakat suku Aborigin.

Peneliti dari University of Queensland menyebutkan bahwa mikroorganisme yang dibutuhkan untuk fermentasi tidak dapat dibudidayakan. Namun, dengan taburan gula dan ragi, hal ini menjadi memungkinkan.

Olesan ini dibuat dari ragi yang difermentasi dengan campuran bawang, seledri, dan juga garam. Olesan ini banyak dikonsumsi di Australia dan negara-negara persemakmuran.

Membuat bir dari Vegemite tentunya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli bir pada umumnya. Selain itu, Vegemite banyak memberikan nutrisi tambahan selama proses fermentasi. Peneliti juga menambahkan, selain Vegemite, buah dan jahe juga bisa digunakan untuk membuat bir.

Apakah kamu tertarik untuk membuat bir rumahanmu sendiri dari selai ini? Kalau kamu sudah mencobanya, share pengalamanmu di kolom komentar ya!

WFG

Via: detikfood

Share this :

Comments