Resep Bir Matcha Menyegarkan ala Seth Piracci • BEERGEMBIRA.COM
Resep Bir Matcha Menyegarkan ala Seth Piracci
Posted by | Friday, 21 July 2017

Pada zamannya, hampir seluruh camilan di Indonesia tiba-tiba berubah warna menjadi hijau dan nama green tea atau matcha melejit begitu populer. Komoditas paling populer dari Negeri Sakura ini memang tiada bandingannya bahkan setelah zaman ngetrennya green tea lewat, masih saja bisa ditemukan banyak makanan yang muncul dengan ide menambahkan bubuk teh hijau demi menambahkan cita rasa Jepang. Tapi bagaimana kalau rasa tersebut kamu campurkan ke dalam bir?

Hilangkan kerutan di dahimu, karena sebenarnya mencampurkan bubuk teh hijau ke dalam bir sudah cukup populer di Jepang sendiri. Sudah ada banyak bar yang mengkreasikan komoditas populer Jepang tersebut dengan bir. Bersamaan dengan itu, muncul pula resep bir teh hijau yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Kalau kamu menyukai Sapporo Classic atau Hoegaarden, kamu bisa membuat bir matcha ala bartender Jepang seperti yang sudah kami bahas sebelumnya.

Namun kalau kamu tidak terlalu menyukai kedua bir tersebut, ada resep lain yang bisa kamu coba. Resep ini berasal dari Cooking Light yang bekerja sama dengan Seth Piracci, pemilik bar Starliner di Brooklyn, New York dalam membuat bir hijau alternatif untuk St. Patrick. Well, meski kita tidak merayakan harinya orang Irlandia tersebut, tapi nggak ada salahnya untuk mengicip cita rasa bir modifikasi ini. Cek resepnya di bawah ini ya:

Bahan-bahan Pembuatan:

  • 1 sdt bubuk matcha, pilihlah bubuk ceremonial grade
  • 1 oz air
  • ½ oz jus lemon
  • 1 (12 oz) botol bir pilsner (merek apa saja, sesuaikan dengan bir kesukaanmu)

Bagaimana Cara Pembuatannya?

  1. Dalam sebuah mangkuk agak ceper, campurkan bubuk matcha dengan air sembari di aduk hingga sebuah lapisan busa tipis terbentuk di atas cairan tersebut serta tidak ada lagi gumpalan. Tambahkan jus lemon.
  2. Masukan campuran teh hijau ke dalam gelas pint dan tuangkan bir SECARA PERLAHAN agar mencegah terbentuknya busa tebal hingga menyebabkan peluberan.
  3. Sajikan dengan potongan lemon.

Gampang kan? Ingat, kalau kamu sudah berhasil membuat bir teh hijau ini, jangan lupa share foto atau pengalaman kamu membuat resep ini bareng Beergembira, ya!

 

LR

Via : Cooking Light

Share This:

Comments