Resep Kudapan Truffle Coklat Berlumuran Gula Bir • BEERGEMBIRA.COM
Resep Kudapan Truffle Coklat Berlumuran Gula Bir
Posted by | Saturday, 17 June 2017

Tiada yang lebih asik dibandingkan bersantai selagi ngebir di sore hari. Mengingat cuaca pun tengah tidak menentu, sudah pasti meregangkan kaki sembari menonton tv menjadi kegiatan paling menyenangkan. Bisakah pengalaman bersantai ini semakin enak lagi? Jawabannya, sudah pasti bisa kalau kamu membuat camilan manis truffle coklat gula bir ini.

Yap! Seperti namanya, truffle coklat ini memiliki bahan istimewa yakni gula bir. Bahan pembuatannya mudah dicari dan cara pembuatannya relatif mudah meski memakan waktu yang agak lama. Intip resepnya di bawah ini ya, guys :

Bahan-bahan :

  • 1 gelas gula demerara
  • 2 sendok makan bir berjenis India Pale Ale
  • 255 gr coklat pahit (70% cacao), potong
  • 1 ¼ gelas heavy cream

Cara pembuatan :

  1. Panaskan terlebih dahulu oven pada pengaturan terendah (1500 atau 2000 pada setiap oven). Campur gula demerara dan bir dalam sebuah mangkok kecil. Sebarkan campuran bir dan gula demerara di atas kertas roti tipis, ratakan. Biarkan mengering dalam oven selama 12 jam (semalaman) dengan pintu yang sedikit terbuka. Campuran tersebut seharusnya terasa seperti gula demerara lagi. Pindahkan gula bir ke dalam mangkok kecil.
  2. Taruh coklat dalam sebuah mangkuk berukuran sedang. Tuang heavy cream dan didihkan dalam sebuah panci kecil di atas panas medium. Tuangkan coklat dan biarkan mendingin sampai tekstur coklat lembek, sekitar 3 menit. Kocok hingga benar-benar lembut. Tutup dan dinginkan hingga tekstur ganache cukup liat untuk dibentuk menjadi bola, setidaknya 3 jam.
  3. Sendok ganache dan bentuk menjadi bola-bola (disarankan untuk menggunakan sarung tangan sekali pakai demi menjaga tanganmu tetap bersih). Kemudian, putar bola-bola ganache ke dalam gula bir. Tempatkan bola-bola yang telah berlumuran gula bir tersebut di atas kertas roti. Ulangi proses tersebut dengan adonan ganache yang lain.
  4. Dinginkan truffle ini sampai padat, setidaknya selama 1 jam.

Note :

  • Ganache bisa dibuat 3 hari lebih dulu. Terus taruh di kulkas untuk mendinginkannya.
  • Gula bir IPA bisa dibuat seminggu sebelumnya. Cukup taruh gula yang sudah jadi di dalam tempat yang bebas udara dan suhu ruangan.
  • Truffle bisa dibuat seminggu sebelumnya. Taruh di dalam tempat kedap udara dan masukan ke kulkas.

Kamu bisa menikmatinya sendiri atau berbagi dengan temanmu sewaktu ngebir bareng. Selamat ngemil, guys!

 

LR

Via : Bonappetit

Share This: