Inilah Cara Mengadakan Pesta Beer Tasting Versimu Sendiri
By • Tuesday, 10 January 2017

Denis da Silva, SAB Brewer di Newlands Brewery yang terletak di Cape Town percaya bahwa bir jauh lebih fleksibel dibandingkan dengan wine karena pada dasarnya bagi da Silva, bir merupakan makanan. Denis da Silva juga mengatakan kalau bir sangat enak begitupun dengan makanan, namun tiada yang dapat mengalahkan makanan enak yang dipasangkan dengan bir enak.

Hanya saja untuk mengetahui bagaimana bir enak sendiri saja tentu perlu eksperimen yang banyak. Perlu membaca banyak informasi di internet, perlu sering-sering bertukar cerita di forum Beergembira.com dan bahkan perlu mendatangi banyak acara beer tasting untuk prakteknya.

Dari sederetan usulan eksperimen yang telah disebutkan, teori selalu lebih mudah didapat daripada prakteknya. Bagaimanapun, sangat sulit untuk mencari acara semacam beer tasting ini di Indonesia. Pilihannya sangat terbatas. Kamu bisa menunggu sekelompok orang membuat acara tersebut, tapi hal itu pasti membutuhkan waktu yang lama. Atau kamu bisa adakan sendiri saja.

Ini caranya:

  1. Pastikan berapa banyak tamu yang akan berkunjung untuk keperluan catering termasuk berapa banyak bir harus disediakan (ingat ini pesta beer tasting).
  2. Sediakan para tamu dengan beragam jenis rasa bir yang bisa kamu dapatkan.
  3. Sediakan sesuai temperatur ruangan. Ada banyak hal yang mempengaruhi rasa bir, salah satunya adalah suhu. Lebih jauh mengenai hal ini dapat kamu cek di sini.
  4. Sediakan segelas air. Di antara mencicipi banyak bir, sangat disarankan kamu menyediakan air mineral untuk membersihkan rasa bir yang tertinggal di mulut para tamu.
  5. Sediakan berbagai tipe glassware per style bir entah itu standar, snifter/goblet, tulip, flute, pilsner/weizen atau stange.
  6. Jika kamu hanya menyediakan camilan, pastikan jumlahnya cukup dan tidak terlalu mendominasi rasa di mulut. Pilih makanan ringan seperti pretzel, crackers atau sayuran mentah.
  7. Ingin membuat tamumu terkesima? Tambahkan dekorasi yang sesuai. Kamu dapat memberikan label di keranjang es yang menginformasikan bir macam apa yang kamu sediakan dan rasa apa saja yang dapat dikecap dari bir tersebut dalam sebuah notes kecil. Kamu bahkan bisa memberikan lembaran penilaian bir yang memperbolehkan para tamu menilai bir tersebut sendiri.
  8. Kalau kamu ingin membuat acara lebih meriah, tambahkan permainan blind taster di mana kamu dapat menuangkan sebuah bir tanpa label ke dalam gelas. Para tamu nantinya akan diminta menebak bir apakah tersebut. Kamu bahkan bisa menyediakan beberapa hadiah bagi mereka yang menjawab benar.
  9. Sekalipun kamu telah memperingatkan para tamu supaya minum sesuai dengan batasan masing-masing, ada baiknya jika kamu pun mem-booking pengemudi khusus untuk mengantar mereka pulang supaya aman.
  10. Berikan umpan pancingan pembuka diskusi di antara para tamu supaya mereka dapat bersenang-senang selagi mempelajari rasa bir.

LR

Share this :