Makanan Apa yang Cocok Dinikmati dengan Bir?
By • Friday, 31 March 2017
Tags : / /

Saat berada di sebuah restoran fancy yang menyediakan berbagai pilihan wine, biasanya akan ada pramusaji atau wine steward datang dan membantumu memilih makanan yang cocok untuk menemani minum wine.

But think about it: wine pada dasarnya hanya mengandung satu bahan yaitu anggur, sedangkan bir: dimulai dari jelai, hops, ragi, sampai bahan tambahan lain seperti rempah atau buah-buahan yang bisa menambah rasa pada minuman. So, it is actually more tricky to pair food with beer.

Sebelumnya, kami sudah pernah membahas soal food pairing seperti pasangan pizza dan bir atau yang lebih umum di sini dan di sini. Namun, kalau kamu merasa belum cukup, kami kasih lagi panduan praktis tentang bir pilihanmu dan makanan apa yang cocok menemaninya:

Pale Ale

Cocok dipasangkan dengan burger, keju, bread pudding, dan banana split.

India Pale Ale

Paling enak diteguk sambil menikmati makanan pedas, contohnya kari, atau keju.

Amber/Red IPA

Pas dengan makanan laut, ayam, burger, atau spicy foods.

Brown Ale

Comfort foods adalah teman sejatinya. Coba saja salmon, sosis, atau ayam panggang.

Porter

Makanan yang berasap dan yang dipanggang memang paling enak kalau dimakan dengan teman dark beer. Daging panggang, ikan bakar, atau keju Gruyere. Untuk pilihan dessert, kukis bisa jadi pilihanmu.

Oatmeal Stout

Kuliner kaya rempah atau pedas seperti Mexican mole, BBQ beef, serta makanan penutup seperti kue cokelat yang creamy cocok dicemil dengan Oatmeal Stout.

Hefeweizen

Light foods for a light beer. Seafood, salad, sushi, atau keju mozzarella. Bir ini agaknya terlalu ringan kalau dipasangkan dengan makanan penutup, kecuali dessertnya terbuat dari buah-buahan.

American Wheat

Baik dipasangkan dengan light foods seperti sayur-sayuran, salad, atau sushi. Untuk pencuci mulut, pasangkan minuman ini dengan jeruk atau sorbet.

Pilsner

Tentu saja Bratwurst—soalnya ini dari Jerman. Selain itu, pilsner juga cocok disesap sambil menikmati ayam, salmon, salad, keju cheddar, atau kue Speculaas.

AM
Via Bend Source Weekly

Share this :