Mengintip Keseruan Irish Indie Beer Week 2018
By • Tuesday, 3 July 2018

Ada yang pernah mendengar tentang Irish Indie Beer Week? Mungkin acara bir ini tidak sebesar acara bir lainnya seperti OctoberFest yang telah menjadi tradisi dan ratusan tahun diadakan di berbagai belahan dunia. Akan tetapi acara ini juga tidak kalah kepopulerannya di kalangan pecinta dan produsen craft beer di Irlandia lho!

Sebenarnya, apa itu Indie Beer Week? Indie Beer Week merupakan acara tahunan yang merupakan hasil kolaborasi antara produsen-produsen bir independen lokal di seluruh Irlandia. Acara ini dilangsungkan selama sepuluh hari sebagai bentuk selebrasi bagi para produsen bir independen di Irlandia. Acara ini bertujuan untuk mempromosikan “real beer” yang dibuat oleh produsen craft beer. Tahun ini merupakan tahun kedua acara ini diadakan dan telah diselenggarakan mulai 22 Juni sampai 1 Juli 2018 lalu.

Secara umum yang dimaksud dengan produsen bir independen ialah produsen yang memproduksi bir tidak lebih dari 40.000 hektoliter bir dan memasarkannya dalam skala kecil. Berdasarkan data dari Bord Bia’s 2017, terdapat 72 produsen craft beer lokal di Irlandia. Dalam acara Indie Beer Week sendiri telah diikuti lebih dari 30 produsen craft beer lokal dan menjadi ajang bagi penikmat bir untuk mengunjungi pabrik mereka.

The Porterhouse sebagai salah satu produsen craft beer independen pertama di Irlandia menjadi pembuka festival bir tahunan ini. Produsen bir ini embuka tur di tempat produksi terbarunya di Glasnevin. Lalu ada Rascal yang juga memperluas pembangunan tempat produksi birnya di Inchicore, sementara Ballykilcavan baru saja membangun tempat produksinya di daerah perkebunannya sendiri. Hal yang membedakan Ballykilcavan dengan produsen craft beer lainnya adalah di tempat ini kita dapat menyaksikan proses pembuatan bir dari awal hingga akhir.

Berbeda dengan Kilkenny’s Costelos yang merayakan Indie Beer Week tahun ini dengan tap-takeover di sebuah bar dekat Gowran Park. Bir produksi Metalman dapat dinikmati di pub sekitar Waterford. Sedangkan, produsen bir Kinnegar merayakan acara tahunan ini dengan konsep family gathering yang hangat. The Boyne Beerhouse menyajikan konsep Meath and Long Table Dinner dengan sajian piza dan alunan musik jazz dalam perayaan tahun ini.

Seru sekali ya perayaan Indie Beer Week di Irlandia! Setiap produsen craft beer lokal memiliki cara yang khas dalam perayaan tahunan ini. Kira-kira bisa tidak ya kultur semacam ini hadir juga di Indonesia? Bagaimana kalau menurut kamu?

SM

Via: The Irish Times

Share this :