Bagaimana Caranya Kamu Tahu Bir Ini Basi?
By • Wednesday, 28 December 2016
Tags : /

Ini bisa terjadi kepada kita. Saat kamu tengah mengunjungi bar dan berharap dapat menikmati bir yang enak, namun ternyata yang mereka sajikan berbau aneh. Kemudian kamu memaksa untuk menyesapnya… dan kamu semakin yakin ada yang salah dengan minumanmu. Logikanya, pasti ada faktor tertentu yang membuat bir ini terasa dan beraroma seperti demikian. Atau bisa jadi bir itu basi?

Sama seperti wine atau produk makanan yang terbuat dari bahan-bahan alami, bir sangat rentan terhadap masalah potensial yang akan mempengaruhi bagaimana kamu menikmatinya. Masalah-masalah ini dapat terbentuk sangat awal dari tahapan pertama pembuatan bir sampai saat kamu meminumnya di bar. Kami telah membahas elemen apa saja yang membuat bir enak, tapi bagaimana dengan yang dapat membuatnya tidak enak bahkan sampai terasa basi?

Melanjutkan seri pertama adanya bau-bau tidak enak dari bir, simak kelanjutannya di bawah ini supaya kamu tahu bagaimana rasa basi dan alasan mengapa terasa basi dari sebuah bir.

tl-horizontal_main

Jika birmu terasa seperti apel hijau atau rumput yang terpotong….

Faktor utamanya adalah acetaldehyde.

Kedengarannya aneh, namun pada beberapa level acetaldehyde muncul di bir (dan juga merupakan senyawa yang dapat membuatmu hangover serta mengapa kamu bisa berbau seperti apel hijau setelah minum). Berbicara secara ilmu sains, hal ini terjadi karena saat sel ragi tengah berusaha menyempurnakan pekerjaannya, bir lantas diangkat dari proses fermentasinya. Buktinya, level acetaldehyde yang lebih tinggi ditemukan pada bir yang diangkat lebih cepat dari proses fermentasi yang seharusnya. Saat kamu mendapatkan aroma dan rasa ini dalam gelas saat berada di pub, minta ganti saja dengan opsi lain.

tl-horizontal_main-1

Jika birmu terasa seperti popcorn mentega atau butterscotch…

Itu adalah diacetyl.

Senyawa diacetyl memiliki hubungan yang tricky dengan dimensi di luar dimensi rasa. Dalam jumlah tertentu, diacetyl biasanya tidak ada masalah seperti pada gaya bir light lagers (terutama Pilsner Ceko) dan bahkan stout. Hal ini karena diacetyl secara alami tercampur dalam bir sebagai awal yang dibentuk oleh ragi selama fermentasi. Namun dalam beberapa kasus, infeksi bakteri dapat menaikkan jumlahnya menjadi sangat banyak dan merusak rasa. Jika kamu mencium aroma dan mencicipi rasa bir popcorn mentega, berarti kamu tengah berhadapan dengan sekelompok bakteri yang terinfeksi.

Jika birmu terasa seperti lendir perut…

Itu terjadi karena infeksi.

Terjadi pada setiap orang di beberapa poin. Rasa ini terbentuk karena bakteri hidup di draft yang dijadikan tempat menyimpan birmu. Hal ini dapat terjadi di mana saja, dari bar sampai restoran mahal dan diakibatkan karena beberapa orang gagal memastikan saluran bir tetap bersih. Sangat penting bagimu untuk memesan bir dalam porsi kecil sebelum memutuskan untuk membeli segelas draft bir. Ketika mendapatkan aroma asing yang seharusnya tidak berada di bir itu, sebaiknya kamu memesan bir kemasan botol saja, supaya aman.

LR

Via : Thrillist

Share this :