Pembuatan Bir 5000 Tahun Lalu di Cina • BEERGEMBIRA.COM
Pembuatan Bir 5000 Tahun Lalu di Cina
Posted by | Thursday, 26 May 2016

Seorang  arkeolog menemukan alat-alat pembuatan bir di ruang bawah tanah yang dibangun sekitar 3400-2900 B.C. Penggalian barang bersejarah ini terjadi di Central Plain of China. Alat-alat membuat bir yang ditemukan mencakup corong, panci dan kendi khusus.  Bentuk-bentuk perkakas tersebut diduga dapat digunakan untuk proses pembuatan, penyaringan dan penyimpanan bir.

Penemuan ini menujukan bahwa orang-orang yang membuat bir pertama kali di Cina sudah menggunakan alat-alat khusus dan teknik pembuatan bir yang sudah maju.  Ilmuwan juga menemukan kompor keramik,  yang digunakan untuk memisahkan gula dan karbohidrat melalui proses pemanasan. Serta, ruang bawah tanah yang dijadikan tempat penyimpanan bir sekaligus tempat untuk mengontrol suhu bir.  Dari sini dapat disimpulkan bahwa orang-orang purba ternyata sudah membuat bir dengan prinsip dan teknik yang digunakan oleh pembuat bir masa kini.

pnas-funnel_edited_custom-5097af904cd5bc1439a47dd389fa3f7778d838dd-s300-c85

Sekelompok ilmuwan menyebutkan bahwa resep berusia 5000 tahun menggunakan campuran fermentasi biji gandum; broomcorn millet, barley, dan Chinese pearl barley.  Semua bahan alami itu merupakan bagian yang mengandung gula serta berfungsi sebagai penambah rasa manis untuk bir.

Pembuatan bir semasa purba di Cina berlangsung bersamaan dengan pembuatan bir di Iran, Mesir  dan juga pembuatan Wine di Armenia.  Melalui pembuatan birlah, orang-orang purba mendapatkan banyak pengetahuan soal bercocok tanam.Produksi dan konsumsi bir jaman purba juga telah membentuk hirarki sosial di Central Plain of China seribu tahun lalu.

Kami sendiri percaya bahwa bir memang social lubricant paling ampuh untuk mendekatkan yang jauh dan menyegarkan yang lusuh. Bisa jadi, opini semacam ini pula yang kemudian membentuk konsep ‘Happy Hour’.

Ngomong-ngomong, seperti apa ya rasa bir 5000 tahun lalu? Katanya sih agak manis dan asam gitu..

Via: NPR

MM

 

Share This:

Comments