Lebih Nikmat Minum Bir dari Botol atau Beer Tap?
By • Monday, 13 June 2016
Tags : /

“Apakah bir lebih nikmat disajikan langsung dari tap?”

“Iya ,bro..”

“Kenapa?”

Because it’s on tap.”

Pernah mendengar percakapan semacam ini? Beberapa minggu lalu, kami bergembira di acara yang bertajuk “Let’s Beergembira on Tap” dimana kami dan teman-teman penikmat bir lainnya belajar menyajikan bir langsung dari tap dengan 5 ritual ala Stars Serve Heineken. Dan kali ini, kami mau membahas hal-hal yang masih berhubungan dengan beer-tap. Let’s jump in!

Bir yang disajikan langsung dari tap dianggap dapat memberikan klimaks ketika menikmati bir. Benarkah? Ada 4 hal yang mempengaruhi kualitas bir; waktu, temperatur, cahaya dan yang keempat adalah seberapa baik seorang brewer dapat menjaga tiga elemen itu. Kebanyakan bar akan menyimpan keg birnya dalam suhu dingin dan temperatur yang konsisten tentu akan memberikan banyak keuntungan untuk bir.

Seperti yang sudah kita tahu, untuk medium penyimpanan bir, yang lumrah digunakan adalah keg, botol dan kaleng. Berbeda dari botol, keg dan kaleng bisa menjadi perisai untuk menghadang cahaya masuk yang hendak merusak kualitas bir. Hanya saja, kemasan kaleng ini terasa kurang eco-friendly.

Ada lagi keuntungan menyimpan bir di keg yang hanya bisa dirasakan oleh para brewer. Sekarang ini penggunaan beer tap sudah menggunakan sistem draft beer yang canggih sehingga memudahkan brewer untuk mengatur suhu dan tekanan dengan lebih mudah. Kalau untuk kita, sesungguhnya: bir yang dituang langsung dari beer tap/keg akan memberikan level karbonasi atau mouthfeel yang maksimal ketimbang bir dari botol atau kaleng.

Namun, menyajikan bir dari keg juga dibutuhkan tanggung jawab yang besar dari si pengelola bir. Sebab keg atau beer tap yang tidak dijaga kebersihannya akan benar-benar merusak kualitas bir.

Meski begitu, tetap ada saatnya dimana kamu lebih baik memesan bir dari botol ketimbang dari beer tap. Kapankah itu?

  1. Ketika kamu datang ke sebuah bar dan bar tersebut menyajikan bir dari keg dengan rasa yang aneh, bisa jadi karena beer tap nya kotor. Maka lebih baik kamu memesan bir dari botol atau kaleng.
  2. Ketika kamu melihat gelas di barnya berkerak. Ewh

Begitulah.. Kalau kamu lebih suka minum bir yang disajikan dari botol, kaleng atau beer tap?

MM

 

 

 

 

Share this :