Vowz Bar: Antara Bir dan Buddhisme • BEERGEMBIRA.COM
Vowz Bar: Antara Bir dan Buddhisme
Posted by | Tuesday, 6 June 2017

Shinjuku memang terkenal sebagai salah satu pusat bisnis utama Tokyo. Dengan suasana ramai nan sibuk dan gedung-gedung pencakar langit, sepertinya tidak mungkin di tengah concrete jungle ini ada tempat yang tenang.

Namun, ada sebuah spiritual oasis di gang belakang area Yotsuya. Vowz Bar namanya. Bar yang sudah berusia 17 tahun ini dijalankan sepenuhnya oleh seorang biksu Buddha, Yoshinobu Fujioka. Ia tak sendiri karena dibantu oleh beberapa biksu lain yang ingin menebar kebaikan dan mengajar Buddhisme di luar kuil. Ukuran bar yang hanya mampu menampung belasan orang ini menawarkan ruang yang privat bagi para pengunjungnya.

Minuman alkohol yang ditawarkan di sini adalah bir, wiski, cocktail, dan vodka. Minuman-minuman ini diberi nama yang unik, misalnya cocktail Gokuraku-Jodo (Nirvana in Pure Land) atau Aiyoku-Jihoku (Love and Hate Leading to Hell).

Sembari meneguk bir maupun menyicipi snack rumahan, pengunjung bisa ‘curhat’ dengan para biksu. Ya, selain untuk bersantai, biasanya pengunjung datang ketika sedang ada masalah dan berharap bisa mendapat bantuan atau panduan spiritual.

“Kalau di kuil, orang biasanya segan untuk bisa bicara dengan bebas. Kalau di bar, lain cerita – orang-orang biasanya jauh lebih jujur,” kata Fujioka.

Tak hanya untuk warga lokal, Fujioka juga membuka pintu bar ini untuk tamu asing. Ia pun saat ini masih belajar untuk memperbaiki bahasa Inggrisnya dengan cara membaca doa-doa Buddhist dengan para tamu dari seluruh dunia.

Jadi, kalau kamu ingin ngebir santai sambil merasakan pengalaman spiritual Buddhisme Jepang, wajib banget datang ke Vowz Bar.

Vowz Bar
坊主バー
AG building 2F, 6-42, Arakicho, Shinjuku-ku, Tokyo, 160-0007

 

AM
Via Live in Japan

Share This: