Tips Mengatasi Hangover dari Ahli Kesehatan!
By • Wednesday, 14 November 2018

Bir merupakan minuman yang umumnya mengandung alkohol. Minuman ini hanya dikhususkan untuk orang dewasa yang berusia 21+ karena menyesap bir membutuhkan tanggung jawab yang baik. Bir untuk beberapa orang merupakan pelengkap saat berkumpul bersama keluarga atau kerabat.

Namun setelah mengonsumsi bir biasanya beberapa orang merasakan hangover; yaitu perasaan mual, pusing, lemas dan kepala terasa sangat berat. Hangover tidak hanya menyerang newbie, bahkan para peminum yang berpengalaman juga bisa merasakan hal yang sama lho!

Tiap orang memiliki cara sendiri untuk mengatasi hangover dan cara yang dilakukan pun cukup beragam yaitu dengan meminum susu atau memakan daging, telur dan keju. Namun apakah dengan mengonsumsi beberapa makanan tersebut bisa menghilangkan hangover? Yuk cari tahu jawabannya dari pendapat seorang ahli kesehatan yang berasal dari Amerika.

Dr. Robert Glatter, dokter darurat di Rumah Sakit Lenox Hill, New York, menyatakan bahwa makanan berlemak sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setelah mabuk. Selain makanan berlemak, kopi atau makanan berminyak juga tidak dapat membantu menghilangkan rasa mabuk akibat konsumsi minuman beralkohol berlebih.

Dr. Robert Glatter mejelaskan bahwa alkohol membuat pankreas dan hati meradang, oleh karena itu jika mengonsumsi makanan berlemak atau berminyak hanya akan menambah beban kerja dalam organ tubuh.

Sebelum minum bir sebaiknya mengonsumsi makanan berkarbohidrat dan berlemak karena kedua jenis makanan tersebut akan memperlambat penyerapan alkohol dan dapat melindungi perut.

Menurut Dr. Glatter, dengan mengonsumsi minuman beralkohol dapat menghabiskan penyimpanan vitamin A, B, dan C, serta magnesium dan potassium dalam tubuh. Guna mengatasi hal tersebut Glatter menganjurkan untuk mengonsumsi pisang atau smoothie agar efek hangover bisa di atasi dengan baik. Selain itu, telur yang mengandung sistein asam amino tinggi juga baik untuk mengatasi hangover karena zat yang dikandung telur dapat menetralkan beberapa kerusakan yang disebabkan oleh alkohol.

Dr Glatter juga tidak menganjurkan untuk meminum kopi setelah mabuk. Karena kopi dapat menyempitkan pembuluh darah dan meningkatkan asam di dalam perut. Ia juga menambahkan bahwa setelah mengonsumsi bir sebaiknya meminum air putih sebanyak tiga gelas sebelum tidur.

Jadi sebaiknya kalian ikuti beberapa saran di atas yang bersumber dari seorang pakar kesehatan agar vitamin dalam tubuhmu tidak terkuras habis.  Pastikan juga kamu istirahat yang cukup agar organ tubuhmu tetap bisa bekerja optimal. Cheers!

#TahuBatasnya

RY

Via: Kompas

Share this :