Semacam Panduan Menikmati Bir untuk Pemula • BEERGEMBIRA.COM
Semacam Panduan Menikmati Bir untuk Pemula
Posted by | Thursday, 3 September 2015

Sekali lagi, seni menikmati minuman berwarna keemasan ini memang sangat subjektif. Tapi bukan menikmati namanya kalau kamu hanya sekedar meneguk lalu meletakannya kembali di atas meja. Siapa tahu kamu adalah seorang pemula yang sangat menyukai bir seperti kami, beberapa ilustrasi di bawah ini akan membantu kamu untuk benar-benar menikmati bir dan tentunya secara bertanggung jawab. Saatnya isi gelas kosongmu!

1

Angkat gelas bir-mu sesaat lalu perhatikan elemen warna, busa dan partikel gelembungnya. Putar gelas bir perlahan untuk mengangkat aroma, menstimulasi karbonasi dan melihat daya tahan busa. Ketika menghirup bir, ambil nafas lewat hidung lalu hirup. Ambil nafas lagi lewat mulut, kemudian hirup. Biarkan indera penciuman memandu mu menikmati bir. Pastikan tidak ada aroma yang akan mendominasi aroma bir. Lalu sesap bir-mu; minum sambil menghirup. Jangan biarkan bir meluncur ke kerongkongan terlalu cepat. Biarkan ia menyentuh langit-langit lidahmu dan perhatikan setiap rasa yang muncul.

2

Yang membedakan Ale dan Lager hanyalah proses fermentasi raginya, bukan karena elemen rasa, warna atau kadar alkohol.

3

Kalau kamu suka rasa bir yang pahit bercampur dengan rasa malt yang lembut, cobalah segala jenis bir pale ale. Semakin spesifik namanya, semakin tinggi kandungan alkohol dan kepahitan rasanya.

4

Langkah-langkah tersebut berlaku untuk menuang bir berwarna cerah.

5

Butuh waktu sekitar dua menit untuk menuang bir hitam dengan sempurna.

6

Mengemas bir di dalam kaleng sedang populer bukan hanya kerena kaleng menjaga kualitas bir lebih baik daripada kemasan botol, tapi juga karena lebih praktis; dapat dibawa kemana saja dan harganya pun lebih murah.

7

Semisalnya kamu mengonsumsi satu gelas bir per jam , sistem metabolisme-mu akan dipenuhi oleh alkohol dan tambahan alkoholnya akan menumpuk di pembuluh darah. Itulah mengapa drinking games tidak kami sarankan karena dapat mengakibatkan High Blood Alcohol Concentration selama beberapa jam.

MM

Share This:

Comments