Mengapa Bir dengan ABV Tinggi Disajikan di Gelas Kecil?
By • Tuesday, 17 January 2017
Tags : / / / /

Terkadang saat kamu pergi ke bar yang menyediakan craft beer dan kamu telah menjatuhkan pilihan pada bir bernama aneh yang terpampang di papan tulis, kamu harus menelan kekecewaanmu. Meski si penulis menu menjanjikan bir dengan ABV sebesar 12 persen di saat kamu tengah merasa seperti petualang, yang bartender sajikan adalah sedikit bir dalam ukuran gelas kecil.

Kenapa sih bisa begitu?

Bar dan restoran bisa saja menyajikan bir dalam ukuran apa saja sesuai dengan kebijakan mereka. Keputusan untuk memberikan ukuran bir tertentu (entah dalam gelas besar atau kecil) tergantung dari tiga faktor: ABV atau alcohol by volume, harga dan glassware tertentu.

Saat paling memungkinkan kamu akan menerima gelas yang lebih kecil adalah ketika bir pesananmu memiliki ABV lebih dari 7 persen. Alasannya sama persis dengan kenapa bar tidak akan memberikanmu likuor sebanyak 5 oz shot atau wine sebanyak 10 oz. Lebih banyak alkohol berarti lebih sedikit minuman yang kamu perlukan demi menyamai standar minuman (1.5 oz likuor, 5 oz wine, 12 oz bir). Namun ketika bir tersebut memiliki 12 persen ABV, maka bir tersebut sama seperti wine menurut kondisi berapa banyaknya alkohol dalam likuid. Oleh karena itu, ia membutuhkan gelas yang kecil.

Penyajian lebih sedikit juga karena bir tersebut merupakan craft beer khusus. Produsen yang lebih kecil dapat menjual bir dengan harga lebih tinggi oleh karena banyak hal, termasuk faktor mahalnya bahan pembuatan bir tersebut. Masalahnya, tidak semua orang terbiasa membayar setara harga 200 ribu rupiah untuk 12 oz bir di bar. Maka bar tersebut mengakali hal tersebut dengan menyajikan bir dalam ukuran 8 oz dan mengurangi harganya.

Hal terakhir yang mempengaruhi birmu berukuran kecil bisa karena pilihan glassware terbaik dalam penyajian bir tersebut. Sebagai contohnya gelas tulip yang memiliki bentuk melebar pada bagian bawah, tipis pada bagian tengah, dan datar di atasnya cocok untuk penyajian double IPA daripada gelas pint. Gelas tersebut dipilih karena bentuknya dapat membantumu mencium semua aroma yang membuat bir dalamnya terasa sangat enak.

Maka sebelum kamu pergi ke bar dan memesan bir dengan konten alkohol teringgi, coba tanyakan dahulu seberapa besar ukuran penyajiannya. Tidak ada yang suka dengan kejutan kecil ketika hal tersebut berhubungan dengan penyajian bir. Setuju?

LR

Via : Vinepair

Share this :