Pakar Nutrisi: Limbah Bir Dapat Dijadikan Pengganti Pakan Unggas
By • Wednesday, 14 December 2016

Bir memiliki banyak kegunaan. Selain membuat si peminum lebih santai dan menambah rasa enak dalam makanan, bir juga dapat digunakan untuk hal lainnya seperti keramas dan berendam. Sekarang ini, selain dari perspektif barang jadinya tersebut, limbah bir juga memiliki kegunaan pengganti pakan unggas.

Seperti yang dilansir dari Netral News, Luthfi Djauhari Mahfudz, seorang pakar nutrisi unggas di Univeritas Diponegoro Semarang, telah meneliti limbah produksi minuman bir untuk pengganti pakan unggas. Menurut hasil penelitiannya, limbah hasil pembuatan bir dapat menjadi alternatif pengganti jagung bahan baku pakan ternak sebab benda tersebut dapat dijadikan sebagai sumber energi.

spent-brewers-grain

Pakar nutrisi itu juga menambahkan jika limbah bahan pembuatan bir haruslah diolah dulu supaya kadar alkohol dan keasamannya hilang. Ketika berhasil diterapkan, industri pembuatan bir di Indonesia tidak harus kesulitan membuang limbah karena dapat dimanfaatkan, kata Luthfi Djauhari Mahfudz.

Setidaknya ada tiga bahan baku pokok untuk pakan ternak unggas. Yang pertama dan paling dominan adalah jagung sebesar 50%, bungkil kedelai sekitar 10-15% dan tepung ikan sebesar 7-10%. Dengan persen sebanyak itu dan beberapa kendala yang beredar, para pelaku industri perunggasan memenuhi 80% kuota bahan baku pakan dengan cara impor.

Luthfi mengatakan bahwa penggunaaan limbah bir yang dapat dijadikan sebagai bahan alternatif bahan baku pakan unggas ini dapat menguntungkan sebab dapat mengurangi ketergantungan terhadap impor bahan pakan ternak unggas.

Luthfi berharap melalui penelitian sampah sisa bir yang dapat dijadikan sebagai alternatif bahan baku ternak dapat membantu bukan hanya industri perunggasan dan industri minuman tapi juga industri pertanian dalam hubungannya dengan keteresediaan kuota pakan unggas.

Meski baru diteliti belakangan ini di Indonesia, hal tersebut ternyata sudah terlebih dahulu diteliti di luar negeri dalam beberapa kesempatan. Contohnya saja, sekarang kamu dapat menikmati makanan yang terbuat dari produk limbah bir.

LR

Via : Netral News

Share this :