5 Bir Paling Top dari Benua Asia • BEERGEMBIRA.COM
5 Bir Paling Top dari Benua Asia
Posted by | Monday, 1 February 2016

Benua Asia bukanlah area yang biasa dikaitkan dengan topik bir paling enak sedunia. Bahkan di negara Indonesia sendiri, banyak yang lebih tahu merek-merek eropa seperti Erdinger, Heineken, atau Stella Artois. Namun ternyata ada banyak merek bir Asia yang tidak kalah jika dibandingkan dengan merek-merek yang telah disebutkan sebelumnya seperti bir Kirin dari Jepang dan Tsingtao dari Cina yang tengah melebarkan pasarnya.

Lebih lanjut mengenai bir terpopuler di benua Asia bisa kamu baca di bawah ini:

OB Blue

asia1

Dulunya dikenal sebagai bir Korea Selatan terbaik, OB sekarang ini 100% dimiliki oleh InBev, perusahaan bir paling besar di dunia yang merupakan merger antara Interbrew Belgia dan perusahaan Brazil AmBev. Oriental Brewery, atau OB, merupakan rajanya pasar bir di Korea sampai pada tahun 1990an ketika Doosan Group terlibat skandal polusi. OB, yang juga merupakan pemilik brand bir Cass, menjual sahamnya sekitar 50% ke Interbrew di tahun 1988. Tiga tahun setelahnya, perusahaan Belgia mengambil alih perusahaan tersebut.

Kirin ichiban

asia2

Semenjak debutnya di tahun 1990, Kirin Ichiban telah menjadi salah satu bir Jepang paling terkenal di seluruh dunia. Kirin Holdings memang membuat bir di negara Jepang, namun Anheuser-Busch (BUD_ telah membuat bir tersebut di Los Angeles semenjak 1996 untuk pasar Amerika. Kirin Ichiban mengandung barley malt dan hops Saaz yang didatangkan khusus dari Republik Ceko.

Tsingtao

asia3

Tsingtao Brewery memulai namanya di tahun 1903 di kota pelabuhan Qingdao, bagian Timur Laut negara Cina. Pada masa tersebut, kekuatan negara asing telah mengekang Cina dan Jerman telah mantap menjadi pihak Kolonial di Qingdao. Lama setelah Jerman meninggalkan daerah Qingdao, brewery tersebut memanfaatkan pengetahuan Eropa mereka untuk menjadi acuan dasar pembuat bir terbesar di negara Cina. Tsingtao telah dijual di lebih dari 50 negara di seluruh dunia dan merupakan salah satu dari dua bir lokal yang menjadi sponsor resmi kejuaraan Olympic 2008.

Harbin Brewery

asia4

Harbin Brewery ditemukan pada tahun 11900 di kota Harbin untuk menyuplai pekerja Rusia dalam proyek rel kreta Trans-Manchurian. Sekarang, Harbin Brewery telah menjadi brewery keempat paling besar di negara Cina. Anheuser-Busch telah membeli Harbin Brewery di thaun 2004 setelah pertikaian sengit dengan SABMiller.

Kingfisher

asia5

Bir ngetop di India adalah Kingfisher yang dibuat oleh United Breweries sebagai perusahaan pembuat bir terbesar di negara tersebut. Saking suksesnya, Kingfisher bahkan meluncurkan Kingfisher Airlines di tahun 2005.

LR

Via : bloomberg

Share This:

Comments