Empat Craft Beer Asal Kroasia yang Harus Kamu Coba!
By • Monday, 4 February 2019

Perkembangan craft beer bisa dibilang cukup pesat dan bahkan hampir di seluruh negara pasti memiliki craft brewery. Pesatnya perkembangan craft beer juga dikarenakan kreatifitas dan inovasi unik yang kerap dilakukan oleh brewer-brewer handal.

Kabarnya craft brewery di Kroasia sedang berkembang dengan baik. Hal tersebut terbukti dari maraknya merek-merek bir yang dijual ke pasar. Apa kamu penasaran seperti apa craft beer asli Kroasia? Berikut ini daftar bir-nya:

#1 Beckers

Sang penemu bir ini adalah Bojan Pap, ia telah melakukan homebrewing selama beberapa tahun sebelum menerima pekerjaan sebagai kepala brewer di Zmajska. Setelah dua tahun di Zagreb, ia memutuskan untuk kembali ke rumah dan membuka brewery sendiri.

Bir hasil racikannya menampilkan warna yang cloudy. Brewery miliknya juga sangat berhati-hati dalam memilih bahan yang akan digunakan untuk meracik 25.000 liter bir tiap bulannya.

Kabarnya bir jenis American Pale Ale hasil racikannya berhasil memenangkan kejuaraan di ajang festival bir Kroasia dan bir jenis Pale Ale karyanya merupakan salah satu yang terbaik di Kroasia.

#2 5th Element

5th Element merupakan craft beer yang bersejarah karena merupakan brewery tertua kedua di Kroasia. Salah satu bir hasil racikannya adalah Bonner Bohemian Pilsner. Bir tersebut mengandung alkohol sebesar 4,2% dan memiliki sentuhan rasa jeruk yang tidak mendominasi.

Varian bir yang mereka ciptakan juga luas, bahkan mereka juga meracik bir jenis American Blonde Ale dan jenis wheat beer. Selain itu masih ada jenis-jenis bir lain yang rasanya dijamin tidak akan mengecewakan lidah kamu.

#3 Nova Runda

Bir yang menduduki posisi ketiga ini merupakan craft beer tertua di Kroasia lho! Awalnya mereka hanya membuat bir skala rumahan namun sekarang tumbuh semakin besar dan berhasil menjadi brewery seutuhnya. Oh iya brewery mereka terletak di daerah yang bernama Jastrebarsko.

Jika kalian mengunjungi Kroasia, kalian harus mencicipi bir karya Nova Runda Brewery. Kenapa? Karena mereka memiliki banyak varian jenis seperti porter dan pale ale. Bir hasil karya mereka juga sudah didistribusi ke beberapa negara tetangga lho!

#4 Zmajska

Pada saat Zmajska berdiri, mereka langsung menarik perhatian dengan membuat bir yang dikemas dalam botol berukuran mini yaitu 33ml. Mereka juga meracik bir bernama Zmajska’s orange labelled IPA dan bir tersebut menjadi bir pertama di Kroasia yang memiliki karakter kuat dan menghamparkan rasa buah.

Beberapa orang mengatakan bahwa bir bernama Pozoj IPA lebih enak, namun  jika kamu berkunjung ke Kroasia cobalah bir jenis wheat beer dan porter yang mereka racik. Rasanya tidak akan mengecewakan, apalagi jika kamu seorang penjelajah rasa bir.

Itulah empat craft beer asal Kroasia. Kalau mau menambahkan silahkan tulis di kolom komentar ya!

RY

Via: Timeout

Share this :