Beerbot Bukan Sekedar Robot Bir Biasa
By • Monday, 21 March 2016

Berawal dari bir, sekumpulan mahasiswa di MIT (The Massachusetts Institute of Technology) bereksperimen membuat robot yang dapat bekerja sebagai bartender, pelayan dan juga kurir. Percobaan ini bukan hanya sekedar fantasi yang menjadi kenyataan atau bualan anak kampus belaka. Laboratorium yang berisikan robot-robot bir ini digarap dengan serius. The Computer Science and Artificial Intelligence Lab (CSAIL) memang berniat untuk membuat robot yang dapat melayani pemesanan dan pengantaran bir di lingkungan seperti bar dimana terdapat banyak orang yang duduk, berdiri dan bergerak.

Eksperimen ini dinamakan Beerbot.

Saat ini Beerbot masih digunakan sebagai pengantar bir saja. Namun sebenarnya, Beerbot adalah prototype untuk robot yang dapat melakukan pekerjaan penting seperti suster dan perawat di rumah sakit yang bisa merawat pasien. Lagipula, karena Beerbot diprogram untuk lingkungan yang cukup menantang, para peneliti berharap bahwa robot mereka juga dapat berkontribusi untuk mengirim obat dan bantuan ke daerah-daerah yang berbahaya atau sedang terkena bencana.

Tim ilmuwan dari MIT menjelaskan bahwa yang paling mengesankan dari Beerbot adalah ia bukan sekedar robot bartender- bertangan dua atau robot pelayan berkaki-roda-dua dilengkapi dengan pendingin bir yang keren- melainkan beerbot juga memiliki kemampuan mengantarkan bir dengan cepat, tepat dan akurat di tempat yang ramai pengunjung.

Wah mulia sekali ya pekerjaan para ilmuan ini. Semoga saja mereka bisa mengamini fungsi Beerbot lebih dari sekedar robot pengantar bir biasa. Setuju?

Via: draftmag

MM

Share this :