Frühlingfestbier: Kreasi Terbaru Dari Paulaner Bräuhaus
By • Thursday, 24 March 2016

Kamis pekan lalu kami diundang oleh Paulaner Bräuhaus untuk ikut mencicipi bir rilisan terbaru yang mereka buat dalam jumlah terbatas. Sebagai satu-satunya restoran sekaligus microbrewery Jerman yang ada di Indonesia, tentu undangan ini tidak akan kami lewatkan begitu saja. Selalu ada hal-hal menarik yang bisa kami temui di sana.

paulaner_1

Dalam rangka merayakan awal musim semi, Paulaner Bräuhaus Jakarta merilis 1000 liter bir otentik khas Bavaria yang belum pernah disajikan sebelumnya di Indonesia. Kreasi terbaru yang diberi nama Frühlingfestbier ini diramu dengan menggunakan resep tradisional yang sama dengan yang digunakan oleh biarawan Paulaner ratusan tahun lalu saat mereka membuat bir sebagai suplemen nutrisi menjelang waktu berpuasa pada saat masa pra paskah.

Cita rasa tinggi serta kualitas yang sangat baik dari bir yang dibuat oleh para biarawan ini ternyata menginspirasi banyak orang, baik tua maupun muda. Sejarah menuliskan, para biarawan tersebut diwajibkan untuk menyuguhkan bir setelah penguasa daerah setempat, Pangeran Karl Theodor, sudah terlebih dahulu mencicipinya. Tidak membutuhkan banyak waktu bagi Karl Theodor, ia akhirnya mengesahkan bir tersebut di tahun 1780. Tradisi ini pun berlanjut hingga kini. Setiap sampel bir pertama yang diproduksi akan diserahkan terlebih dulu kepada perdana menteri Bavaria.

Di Indonesia, Arie Susanto, brewmaster dari Paulaner Bräuhaus Jakarta yang dijuluki sebagai “The Beer Doctor”, telah mereka ulang ramuan bir tersebut dengan penuh kesungguhan, pengabdian, serta pengalamannya selama bertahun-tahun. Sebagai hasilnya adalah Fröhling Festbier, mengandung kadar alkohol sebanyak 5% yang juga menciptakan rasa gandum dengan keseimbangan antara manis dan rasa buah, yang cocok dikombinasikan dengan berbagai makanan yang disediakan di Paulaner.

Bir dalam edisi terbatas ini telah resmi diluncurkan pada tanggal 16 Maret lalu dan akan terus tersedia sampai tetes terakhir. Pastikan kamu tidak kehabisan untuk mencicipi bir otentik yang kaya akan sejarah dan tradisi ini di Paulaner Bräuhaus.

Paulaner Bräuhaus: East Mall Grand Indonesia Lt. 2. Jl. M.H. Thamrin 1 Jakarta 10310

Share this :